KARAWANG,PELITA ON LINE-.(Monday, 26 April 2010).

Bupati Dadang S. Muchtar dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihak Pemerintah kabupaten Karawang sangat mendukung program yang dilaksanakan oleh Extra Joss dan Dinas Kesehatan ini. ”Terlebih 10 kecamatan di Kabupaten Karawang terendam banjir akibat meluapnya sungai Citarum beberapa waktu lalu, dimana masyarakat pun memerlukan pemeriksaan kesehatan,” ujarnya.

Bupati melanjutkan, sektor kesehatan merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten Karawang selain pendidikan dan ekonomi kerakyatan. ”Sasaran yang ingin dicapai dari pembangunan kesehatan adalah bagaima membuat masyarakat Kabupaten Karawang sehat secara jasmani dan rohani hingga dapat mencapai usia 70 tahun,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Bupati, Pemerintah Kabupaten Karawang telah mengambil sejumlah kebijakan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Kebijakan-kebijakan tersebut antara lain adalah pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur kesehatan, pengadaan kendaraan ambulans keliling, jaminan ketersediaan obat, dan pemberian insentif bagi petugas medis di puskesmas dan RSUD. ”Serta menyediakan dana block grant untuk pelayanan kesehatan masyarakat miskin yang tidak tercakup dalam Jamkesmas,” tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Asep Hidayat Lukman menjelaskan, banyak korban banjir di Kabupaten Karawang yang berasal dari keluarga tidak mampu, sehingga mereka enggan memeriksakan kesehatan ke dokter maupun rumah sakit. ”Harapan kami dengan adanya kegiatan ini, masyarakat tidak sungkan untuk mengkonsultasikan kesehatan mereka,” ujarnya.

Asep menambahkan, kegiatan ini dilakukan oleh 100 dokter yang seluruhnya berasal dari Kabupaten Karawang. ”Para dokter tersebut dengan dibantu oleh beberapa tenaga perawat akan siap membantu menangani keluhan-keluhan penyakit yang dirasakan oleh warga yang biasanya timbul pasca banjir, seperti diare, gatal-gatal, alergi, demam, batuk, dan rematik,” imbuhnya.

Sementara itu, Senior Brand Manager Extra Joss, Teguh Indarto mengatakan, program ini memberikan layanan periksa dan konsultasi kesehatan dan digelar secara cuma-cuma bagi para korban banjir Karawang, khususnya di kecamatan Telukjambe Timur. ”Dengan harapan masyarakat bisa menjada kesehatan dan meningkatkan staminanya sehingga dapat tetap produktif,” tambahnya./Ditulis Oleh Administrator Karawang/PEMKAB KARAWANG.