RAWAMERTA,PELITA KARAWANG ON LINE-.Setiap murid memiliki kenangan tentang kejadian di kelas pada waktu dulu. Mereka ingat persis bagaimana guru menangani perilaku yang bermasalah di awal tahun, bagaimana cara guru menepati janji,dan di mana guru bersikap pilih kasih atau bagimana sikap guru di awal tahun ajaran. Karena masa lalu memengaruhi masa depan,guru mesti mengelola kelas dengan cara yang mendukung. Jangan melemahkan motivasi belajar siswa. Artinya, minggu pertama tahun ajaran sekolah menjadi amat penting untuk membangun prinsip pengelolaan kelas yang efektif.

Salah satu kunci mengatasinya adalah mengelola hari-hari pertama dan minggu-minggu awal masa sekolah secara cermat dan hati-hati.Mengingat,kesan awal tahun ajaran tersebut menentukan keberhasilan pembelajaran selanjutnya. Untuk itu, manfaatkan masa awal tahun ajaran ini untuk menyampaikan aturan dan prosedur yang Anda gunakan di kelas.Ajaklah murid bekerja sama untuk mematuhinya dan terlibat aktif dalam semua aktivitas pembelajaran.

Membangun ekspektasi, aturan, dan aktivitas rutin di minggu-minggu awal tersebut sangat membantu memperlancar dan memudahkan pengembangan lingkungan kelas yang positif. Berikut beberapa strategi pembelajaran yang baik untuk mengawali tahun ajaran baru.

Menciptakan ekspektasi untuk perilaku dan membuang ketidakpastian. Pada awal tahun ajaran baru, murid merasa tidak pasti tentang apa yang diharapkan dari kelas. Mereka mungkin memiliki perkiraan yang berbeda dengan ekspektasi gurunya. Sebab, mereka mendasarkan ekspektasi itu pada pengalamannya dengan guru lain sebelumnya. Pada hari-hari pertama sekolah, paparkan ekspektasi Anda tentang perilaku dan kegiatan murid. Jangan hanya fokus pada mata pelajaran. Luangkan waktu untuk menerangkan secara jelas dan konkret tentang aturan, prosedur, dan persyaratan kelas sehingga murid tahu apa yang harus dikerjakan di kelas.

Pastikan kepada murid bahwa mereka bisa meraih kesuksesan belajar. Pada minggu-minggu awal sekolah, mata pelajaran dan tugas harus didesain untuk memastikan murid sukses dalam mengerjakannya.Ini akan membantu murid untuk mengembangkan sikap positif dan memberi mereka rasa percaya diri untuk menghadapi tugas yang lebih sulit.

Selalu siap dan hadir. Tunjukkan pada murid bahwa mereka dapat menemui Anda kapan pun mereka butuh informasi.

Selama memberi tugas mandiri atau tugas kelompok, pastikan Anda hadir, jangan pergi dari meja atau menyelesaikan pekerjaan lain.

Berkelilinglah di ruangan untuk memantau kemajuan murid dan membantu memberi bantuan jika dibutuhkan.

Bersikaplah tegas. Meski telah memaparkan aturan kelas dan ekspektasi, beberapa murid mungkin lupa atau ada murid yang ingin menguji sebaliknya. apakah guru siap menegakkan aturan tersebut, terutama di minggu-minggu pertama sekolah. Untuk itu, selalu bangun batas antara ''apa yang diterima'' dan ''apa yang tidak dapat diterima'' di kelas Anda. Selamat mengawali tahun ajaran baru.

Paparan secara teknis dan yang seharus di lakasankan dalam tahun ajaran seperti di atas,malah sebalikan 100% di hari rabu tanggal 14 juli 2010 di jam 10.00 WIB oleh salah satu Sekolah Dasar di dusun Burahol desa Kutawargi Kecamatan Rawamerta Karawang.

Namanya SDN Kutawargi I dengan Kasek H.SUMA dan jumlah murid 293 orang.mereka (Kasek dan rekan guru setempat) dengan asiknya menyaksikan demo dari seorang sales makan dalam ruangan guru di SDN tersebut.dengan acuhnya pula mereka ketika di temui jurnalis Pelita On Line untuk mencari berita tentang PSB yang ada di SDN Kutawargi I,bahkan ada satu ungkapan acuhnya dari Kasek H.Suma ketika di ambil Gambar pelaksanaan demo oelh PELITA On Line,"Biarkan saja dan seakan benar serta merasa tidak bersalah atas prilakunya sebagai kasek.sebenarnya kedatangan PELITA On Line ke lokasi juga berbekal Info dari masyarakat sekitar tentang sinerjaritas sekolah terkait dipertanyakan.

Di lain tempat,pihak DISDIKPORA kabuapten Karawang melalui H.Asep Junaedi Sekdis Disdikpora mengungkapkan,”Terima kasih atas infomasinya yang di sampaikan,dan peristiwa semoga menjadi bahan pelajaran bagi para rekan guru yang lain,Lalu,tuturnya.”Seharunya mereka bisa menempatkan kepentingan,tugas,hak dan kewajibanannya selaku abdi negera yang baik,imbuhnya lagi.Insya Allah akan segera ditindak lanjuti permasalahan yang tersangkut kridibelitas Kasek dan guru di sekolah tersebut.pungkas H.asep.

Drs.APRIANTO Salah satu pemerhati pendidikan KARAWANG setelah mendapatkan warta di tahun ajaran baru,adanya satu sekolah sebagaimana yang tulis PELITA ON LINE,dia mengungkapkan,Seyogyanya pemerintah daerah dan dinas terkait dengan adanya temuan tersebut,jangan hanya sebatas teguran lisa tetapi berikan sangsi yang real,agar ada efek jera dan segera lakukan program Evaluasi ke Kasek-kasek yang ada di se-Karawang,karena,Lanjut dia.ada indikasi -indikasikurang bagus dampak dari program Periodesasi dan semua tidak menutup kemungkinan adanya hal-hal yang lemah di personal para Kasek yang diangkat kemarin,tandanya./Asep Udan