Gunung Api Bromo masih menyemburkan asap berwarna coklat yang membumbung dengan ketinggian1.200 meter menuju ke arah timur dan timur laut.Berdasarkan pantauan petugas pengamatan Gunung Bromo diCemorolawang, Jumat (31/12), suara gemuruh juga masih sering terdengar. Gempa tremor juga masih terus terjadi dengan amplitudo15 – 40 mm. 

Bromo memuntahkan abu berwarna kecoklatan dan material pijar,dengan disertai suara gemuruh yang cukup keras. Material pijar yang dikeluarkan Bromo saat itu masih jatuh di kaki Gunung Bromo, atau berjarak sekitar radius 150 meter dari bibir kawah.

Sementara itu, pantauan Newsroom, di jalur utama menuju lautanpasir Bromo mengalami kerusakan yang cukup parah. Pohonbertumbangan, rumah maupun tiang listrik banyak yang roboh.Tebalnya abu yang disemburkan Gunung Bromo juga membuatporak-poranda apapun yang berada di jalur menuju lautan pasir tersebut.

Begitupun dengan jalan berbeton dari Dusun Cemorolawang DesaNgadisari Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo tak bisa dilalui kendaraan roda empat. Ini terjadi sejak beberapa hari lalu akibat pohon-pohon akasia bertumbangan dan menghalangi jalan.Jalur dengan kemiringannya yang curam ini menjadi poros utama bagi wisatawan yang akan ke kawah Gunung Bromo maupun menyaksikan matahari terbit di Pegunungan Penanjakan Pasuruan. (T.ww/toeb)