Irfan 

Malang -Manajemen Arema Malang memastikan pemain naturalisasi kelahiran Jerman Kim Jeffrey Kurniawan resmi bergabung engan klub berjuluk Laskar Ken Arok, Kamis (30/12). Kepastian Kim bergabung Persema disampaikan pelatih Persema Timo Scheunemann kepada Ketua Umum Persema Peni Suparto.
"Tinggal tunggu teken kontrak saja," kata Peni yang juga Walikota Malang ini. Kim resmi menjadi Warga Negara Indonesia dan memilih Persema atas keinginan sendiri tanpa paksaan. Kim, katanya, berkomitmen sejak awal bergabung dengan Persema Malang.
Mengenai kabar Kim beralih bergabung klub Pelita Jaya Karawang, Peni tak terlalu risau. Ia berkeyakinan, jika Kim segera menandatangani kontrak dengan Persema. "Kim pemain profesional biar dia sendiri yang menentukan," ujarnya.

Peni juga menyebutkan, Irfan Bachdim juga segera bergabung dengan Persema. Irfan, katanya, telah meneken kontrak dengan Persema Malang selama setahun. Irfan juga berkomitmen bermain dengan Persema bersama Timo. "Dimana Timo melatih, disitulah Irfan bermain,” katanya.

Mengenai isu Irfan bergabung di Pelita Jaya, juga tak jelas. Peni menilai Irfan menjadi incaran lantaran penampilannya yang gemilang saat membela tim nasional dalam laga AFF 2010. Sehingga banyak tim lain yang kepincut dan berhasrat meminang Irfan.

Konsekuensi Irfan dan Kim bergabung Persema, keduanya bermain untuk kompetisi Liga Primer Indonesia. Lantaran, Persema menyatakan mundur dari Indonesia Super League (ISL) dan bergabung di kompetisi LPI yang digagas pengusaha Arifin Panigoro. "Keduanya bergabung Persema otomatis siap bermain di LPI," kata Timo.

TEMPO