Kementerian Tenaga Kerja danTransmigrasi (Kemnakertrans) dan Kementerian Komunikasi danInformatika (Kemkominfo) akan bekerjasama dalam penyebarani nformasi pekerjaan.Selain Kemkominfo, Kemnakertrans juga akan menggandeng jaringansosial masyarakat melalui lembaga pendidikan dan lembaga swadayamasyarakat (LSM).

Saya akan kerjasama dengan berbagai instansi, termasuk Menkominfo. Saya juga akan manfaatkan media televisi dan jaringan sosial masyarakat melalui lembaga pendidikan dan LSM, kata Menakertrans Muhamin Iskandar di Jakarta, Jumat (31/12).Menurutnya, ada tiga kelompok yang dilibatkan dalam penyebaran informasi tenaga kerja yakni dunia industri, dunia pendidikan danpemerintah sebagai fasilitator. Dengan dunia pendidikan melakukanoutput lulusan pendidikan formal, ujarnya.

Muhaimin menyatakan bahwa tahun 2011 rencananya akan dilakukan sebagai implikasi dari evaluasi yang telah dilakukan olehKemnakertrans.Masyarakat harus dapat informasi pekerjaan dengan baik.Masyarakat juga harus proaktif sejak dini untuk sering mengakses komunikasi dengan dinas tenaga kerja setempat, jelasnya.

Diungkapkannya, jumlah pengangguran terbuka di Indonesia saatini 9,25 juta atau turun 1,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.Rencananya, hingga tahun 2014 bisa ditekan dari tujuh persen hinggatiga persen, katanya.Adapun permasalahan-permasalahan tenaga kerja di Indonesia yakni tingkat pendidikan yang 50 persen lebih hanya lulusan Sekolah Dasar(SD), jenis kelulusan calon tenaga kerja tidak sesuai denganpeluang yang tersedia dan jumlah penduduk yang besar. (Az/toeb)