Masih hafalkah kita dengan Lagu Ibu Kita Kartini? Atau justru kita lupa dengan lagu tersebut. Hmmm.. cukup memprihatinkan juga ya… 

Memang sekarang beda dengan dulu, kebanyakan kita sudah melupakan lagu nasional dan siswa masa kini lebih fasih dan hafal dengan lagu-lagu hits yang sering diputar di TV di banding dengan lagu-lagu nasional.

Sekedar mengingatkan, lagu Ibu Kita Kartini merupakan ciptaan W.R. Supratman yang cukup sederhana tapi enak dinyanyikan. Menyimak lagu dan syairnya akan memberi inspirasi betapa “hebat”nya seorang Kartini. Kartini berani mendobrak tirani yang membelenggu dirinya dan kaumnya. Kartini berjuang melawan untuk kemerdekaan universal kaumnya.

Nah, untuk mengingat kembali perjuangan beliau, berikut disediakan link download untuk lagu Ibu Kita Kartini. Dengan mendownload dan menyanyikan lagu nasional, berarti kita ikut melestarikan kekayaan budaya agar tidak tergerus dengan perkembangan jaman.

Semoga nilai-nilai kejuangan, pengorbanan, perlawanan, jiwa nasionalis, dan cita-cita emansipasi  mampu diwarisi anak negeri ./red