PELITAKARAWANG.COM -.Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP resmi dibuka, Jumat (29/6) di Pontianak Kalimantan Barat. OSN merupakan salah satu wahana bagi sisiwa guna menumbuhkembangkan semangat kompetensi akademik untuk mendorong keberanian bersaing secara sehat, ujar Suyanto, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dalam pembukaan acara tersebut. "OSN merupakan upaya untuk menyiapkan  anak bangsa guna menghadapi masa depan dan menjadikan bangsa ini bermatabat di antara bangsa-bangsa lain di dunia," ujarnya.
Lebih lanjut Suyanto menjelaskan bahwa hanya negara yang unggul dalam bidang ekonomi dan iptek serta didukung nilai-nilai budayanya yang kondusif yang akan dapat mengambil manfaat besar dari globalisasi. Olimpiade ini juga harus digunakan sebagai arena membangun kejujuran agar prestasi yang dicapai merupakan prestasi sejati, ujarnya menambahkan.
Gubernur Kalimantan Barat,  Cornelis yang hadir dalam pembukaan OSN SMP tersebut menghimbau kepada para peserta agar berkompetensi dengan cara jujur, disiplin, dan jadilah pemenang dengan cara yang baik. "Berkompetisilah secara jujur," pesannya kepada para peserta.
Bidang yang dilombakan dalam OSN SMP 2012 ini meliputi Fisika, Matematika, Biologi, dan ilmu pengetahuan sosial (IPS). Peserta terdiri dari siswa SMP, SMP Terbuka, SD SMP satu atap baik negeri maupun swasta. Peserta OSN SMP adalah siswa SMP dari seluruh Indonesia yang telah lulus seleksi di tingkat propinsi, baik sebagai ranking nasional maupun sebagai perwakilan provinsi. Jumlah peserta adalah 99 orang untuk tiap mata pelajaran. OSN SMP 2012 ini akan berlangsung hingga 4 Juli mendatang. /ant//(EH / NW) www.pelitakarawang.com