BANDUNG-PELITAKARAWANG.COM-.  Bagian dari upaya untuk melestarikan seni budaya Jawa Barat yang hampir punah, Tim Kesenian Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menyelenggarakan Pidangan Seni Budaya Rumawat Padjadjaran ke-55.
 
Kegiatan yang akan digelar  hari ini, Rabu (30/ 01) bertempat di Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No.35 Bandung, pada pukul 15.30-17.00 dan 19.30-21.00 WIB itu, akan menampilkan berbagai pertunjukan kesenian oleh para generasi muda melalui bakat-bakat mereka sebagai penerus lestarinya seni budaya Sunda.

Kepala UPT Humas Unpad, Weny Widyowati mengatakan, kelestarian seni budaya daerah khususnya kesenian dari Jabar pada masa yang akan datang sangat tergantung pada generasi muda saat ini.
 
“Tatkala seni budaya daerah terdesak oleh arus seni budaya luar yang lebih diminati oleh kaum muda, ini menjadikan sebuah situasi yang mengkhawatirkan,” ujarnya.
 
Menurut Weni, generasi muda masa saat ini sudah tidak melirik seni budaya tradisional, sehingga keberadaan seni budaya tradisional terancam punah.

Dalam Pidangan Seni Budaya Rumawat Padjadjaran Edisi ke-55, berbagai kesenian asal Jabar akan digelar, diantaranya Rampak Dalang, Rampak & Solo Kendang, Gotong Singa, Angklung, Tarompet, Kawih dan Penca.
 
Pidangan seni yang terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya ini akan menghadirkan Para Putu Giri Harja – Padepokan Karang Kamulyan Kabupaten Bandung – Saung Angklung Udjo – Padepokan Gelar Pusaka – Padepokan Linggar Manik  Kabupaten Subang. @Parno. www.pelitakarawang.com