Sabtu, Maret 02, 2013

Mendikbud Buka Rakornas Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan

 

Jakarta -PELITAKARAWANG.COM- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh hari ini, Jumat (1/3/2013), membuka Rapat Koordinasi Nasional Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan dan Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I-XII di Gedung D Kemdikbud. Rakornas dengan tema "Konsolidasi dan Optimalisasi Program Kemahasiswaan" tersebut akan berlangsung hingga tanggal 3 Maret mendatang.
Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbud, Illah Sailah selaku ketua penyelenggara kegiatan tersebut mengatakan hasil yang diharapkan dari Rakornas ini antara lain diperolehnya informasi umum pelaksanaan program kemahasiswaan. "Selain itu diharapkan adanya reorientasi dan kesamaan persepsi tentang kebijakan, program pengembangan mahasiswa, dan juga adanya hasil evaluasi program-program yang selama ini dilaksanakan," ujar dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut.
Dalam kesempatan itu Mendikbud mengkritisi kegiatan kemahasiswaan yang dinilainya agak terpinggirkan di perguruan tinggi. Padahal seharusnya kegiatan kemahasiswaan adalah hal yang harus dikedepankan, ujar mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tersebut. "Paradigmanya harus digeser ke student first," kata Menteri Nuh menambahkan.
Selain itu para pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan dalam merumuskan kegiatan kemahasiswaan harus bermuara pada tiga aspek utama yaitu pengetahuan (knowledge), sikap (attitude), dan keterampilan (skill). "Jika ada kegiatan yang tidak memberi nilai tambah pada salah satu di antara tiga aspek tersebut, lebih baik dihapus saja," ujar mantan Menkominfo tersebut.
Menteri Nuh juga berpesan agar perguruan tinggi terus menumbuhkan optimisme di kalangan mahasiswanya. "Selain itu hal yang juga penting adalah tumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap tanah air," pesan Mendikbud. (NW) www.pelitakarawang.com

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

BERITA TERBARU

Back to Top