Jakarta- PELITAKARAWANG.COM : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, didampingi Wapres Boediono, menggelar rapat kabinet membahas persiapan musrenbangnas (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan RAPBN tahun 2014. Rapat berlangsung di Kantor Presiden, Kamis (14/3) pukul 14.00 WIB, ini juga mendengar laporkan rencana awal pagu indikatif. 

"Meskipun tahun ini dan tahun depan adalah tahun pemilihan umum, tapi kita harus tetap berkonsentrasi pada pelaksanaan tugas kita, termasuk mempersiapkan RAPBN 2014. Bahkan tahun depan, pada tahun pemilu itu, kita juga harus mempersiapkan RKP dan RAPBN 2015," kata Presiden SBY dalam pengantar rapat.

Presiden SBY berharap akan ada tradisi politik baru, yaitu terjalin komunikasi antar presiden yang sedang mejabat dengan yang akan menjabat. "Untuk RKP dan RAPBN 2015, saya bermaksud untuk melakukan komunikasi dengan presiden terpilih," ujar SBY. "Kepada beliau akan saya jelaskan inilah rencana yang telah disusun oleh pemerintah masa bakti sekarang ini. Bagus kalau saya bisa berdiskusi. Harapan saya, sungguhpun dilakukan perubahan oleh pemerintahan berikutnya, maka rencana yang kita buat tentu lebih baik karena telah dikomunikasikan dan dibicarakan terlebih dahulu," SBY menjelaskan.

Terkait APBN dan fiskal, Presiden SBY minta ada langkah-langkah nyata agar tidak menganggu kesehatan APBN dan fiskal tersebut. "Pilih cara-cara yang di satu sisi menyelesaikan persoalan ekonominya, di sisi lain tidak menimbulkan masalah yang lebih besar dari aspek sosial, keadilan, dan lain-lain," Presiden mengingatkan.

Mengenai program-program pengurangan kemiskinan, telah ada evaluasi. "Mari kita lakukan pembenahan, perlu ada tambahan-tambahan rencana dan aksi. Mari kita lakukan," SBY menegaskan.

Hadir dalam rapat Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menhub EE Mangindaan, Mendikbud Mohammad Nuh, Mendag Gita Wirjawan, Menperin MS Hidayat, Menteri ESDM Jero Wacik, Menag Suryadharma Ali, Menhut Zulkifli Hasan, Menkes Nafsiah Mboi, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Menteri Perikanan dan Kelautan Sharief Cicip Sutardjo, dan Menteri PU Djoko Kirmanto. (fbw) www.pelitakarawang.com