Pelatihan Kerajinan Anyaman - Pelita Karawang

Breaking

Post Top Ad

Selasa, 02 April 2013

Pelatihan Kerajinan Anyaman

KARAWANG-PELITAKARAWANG.COM .-.Dekranasda Karawang bersama PT HM Sampoerna Tbk kembali menggelar pelatihan, kali ini pelatihan anyaman yang berbahan dasar tanaman Eceng Gondok, lokasi pelatihan di Outlet Dekranasda di area sekitar Walahar Ciampel Karawang dan berlangsung sejak tanggal 1-6 April 2013, dibuka oleh Ketua Umum Dekranasda Karawang Hj Nurlatifah Ade Swara, Senin (1/4)

Jumlah peserta  sebanyak 40 orang  berasal dari 5 kecamatan yang ada di Karawang, yaitu antara lain Kec Ciampel, Kec Telukjambe Timur, Kec Klari, Kec Lemahabang Dan Kec Rengasdengklok. Untuk instruktur secara khusyus  didatangkan dari Yogyakarta yaitu, Ny Cornelia.

Pada kesempatan itu Hj Nurlatifah mengamanatkan kepada para peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan secara sungguh sungguh dengan penuh ketelatenan agar memiliki keterampilan yang cukup agar hasil produknya banyak di minati pasar. “Ingatlah bahwa para pengusaha itu memiliki 9 pintu rejeki, dibandingkan dengan pegawai yang hanya memiliki 1 pintu rejeki”, begitu motivasi dari Bunda Hj Nurlatifah.

Mengenai Eceng gondok, umumnya masyarakat menganggap  keberadaannya mengganggu aliran irugasi sehingga dibuang begitu saja dengan percuma tanpa memiliki nilai ekonomis. Dengan kita mengikuti pelatihan ini jadi mengetahui bahwa eceng Gondok miliki nilai ekonomis karena bisa dijadikan kerajinan, jelasnya.

Sementara itu Ketua Harian Dekranasda berucap, untuk memanfaatkan ilmu yang diberikan selama pelatihan tiap kelompok peserta diberikan peralatan produksi dan buku panduan oleh sponsor, dan akan diberikan juga uang saku berikut akan mendapatkan sertifikat. Target yang akan dicapai dari peserta ialah agar mereka bisa menularkan ilmunya di daerah masing masing serta bisa mengembangkan dari kerajinan anyaman ini. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan pelatihan ini untuk manfaatkan limbah eceng gondok dan menambah wawasan dan meningkatkan pendapatan para pengrajin, begitu ungkapnya. www.pelitakarawang.com
Posting Komentar