JAKARTA, PEKA.  — Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melanjutkan tes tahap ketiga terhadap 48 calon pimpinan KPK, Selasa (28/7/2015). Pada tes hari kedua ini, Pansel Capim KPK akan menilai kemampuan tiap-tiap calon dalam berinteraksi padaleaderless group discussion (LGD).


"Besok (hari ini), mulai pukul 08.00 WIB. Jadi, dari pukul 08.00 sampai 09.00 WIB itu nantinya ada LGD," kata Ketua Pansel Capim KPK Destry Damayanti di Pusdiklat Kementerian Kesehatan, Senin (27/7/2015) malam. 

Ia menjelaskan, Pansel Capim KPK akan membentuk sejumlah kelompok yang masing-masing berisi delapan orang. Para peserta seleksi akan masuk ke dalam sebuah ruangan untuk melakukan suatu diskusi dengan topik yang telah ditentukan.

"Kita akan lihat bagaimana team work, bagaimana orang itu bekerja sama dengan koleganya. Bagaimanapun, pimpinan KPK itu kan harus bekerja secara kolektif kolegial, bukan individual," ujarnya. 

Selain itu, Pansel akan menilai kemampuan tiap-tiap individu dalam membuat presentasi. Para calon itu sebelumnya telah diminta membuat presentasi yang terdiri atas enam slide dengan tema hukum dan KPK.

"Selain itu, kami juga akan melihat kemampuan inti mereka di bidang SDM, manajerial, ekonomi, dan keuangan. Karena nanti ada asesor dari psikologi, jadi nanti ada interview juga," kata Destry. 

Menurut jadwal, tes tahap ketiga pada hari kedua ini akan lebih singkat dari tes hari pertama. Tes ini dijadwalkan akan rampung pada sore hari sekitar pukul 18.00 WIB. 

Sebelumnya, para peserta menjalani tes tahap ketiga secara maraton. Tes dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB. Pansel menyatakan ingin melihat daya tahan tiap-tiap peserta dalam menghadapi tekanan.

Sumber : Kompas.com