Jakarta -PEKA-. Anggota DPR RI Komisi IV Rofi Munawar meminta Kementerian Pertanian (Kementan) lebih serius melakukan antisipasi terhadap
ancaman kekeringan, karena secara faktual kondisi tersebut akan mempengaruhi capaian produksi pangan nasional. 

Menurut Rofi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, pada tahun lalu tercatat 30 ribu hektare sawah mengalami kegagalan panen dan tahun ini dampak El Nino menyebabkan musim kemarau lebih panjang.

"Pemerintah harus segera melakukan deteksi dini dengan mengidentifikasi bidang pertanian, sistem produksi, dan populasi yang paling bahaya, rentan, dan berisiko terhadap perubahan iklim. Untuk kemudian dilakukan langkah-langkah cepat dan adaptif untuk mengurangi resiko yang lebih besar," tegasnya.

Dia mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir pergeseran musim hujan menyebabkan bergesernya musim tanam dan panen komoditi pangan, sehingga kekeringan telah menyebabkan gagal tanam bahkan gagal panen atau puso.

Kondisi tersebut akhirnya menyebabkan kelangkaan pangan di pasaran dan telah membuat harga mengalami kenaikan cukup signifikan.

Kekeringan diperkirakan akan berlangsung hingga awal Oktober di Wilayah Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Situasi tersebut akan mengancam ratusan lahan pertanian mengalami kegagalan panen. Saat ini saja lebih dari 4.000 hektare lahan pertanian di daerah Cirebon gagal tanam dan luas areal tanaman padi yang terancam kekeringan tingkat parah di Kabupaten Indramayu sudah mencapai 19.175,5 hektare akibat kekurangan air.

Rofi mengingatkan, suhu tinggi atau kekeringan dapat menyebabkan bencana untuk lahan pertanian. Mengingat perubahan suhu dan kelembaban udara juga dapat memicu perkembangan dan ledakan hama dan penyakit tanaman.

Dampaknya, kekeringan yang berkepanjangan akibat dari pengelolaan air yang tidak baik dan kapasitas yang rendah akan mengakibatkan penurunan produksi yang signifikan. 

Bahaya penurunan produksi ini dapat mengakibatkan secara langsung maupun tidak langsung terhadap penurunan kesejahteraan petani serta penurunan pasokan pangan yang merupakan bagian dari ketahanan pangan

Menurut dia, persoalan kekeringan secara simultan tidak bisa diselesaikan dalam jangka pendek, mengingat hal ini terjadi akibat kondisi iklim secara global.

Namun demikian, ada banyak cara untuk mengantisipasinya baik jangka pendek, menengah maupun panjang. Seperti, optimalisasi pemanfaatan lahan tadah hujan dengan revitalisasi jaringan irigasi dan penghijauan, alih teknologi produksi dan strategi tanam (waktu maupun komoditas).

Selain itu, membuka lahan pertanian baru dengan memperhatikan konservasi lahan dan tidak mengganggu fungsi-fungsi lingkungan dan hutan lindung.#ANTA.