SUBANG, PEKA. - Bahu jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 103.400 jalur B arah Cirebon-Jakarta, tepatnya di Wilayah Dawuan Kabupaten Subang ambles lagi. Sehari sebelumnya bagian yang ambles itu baru selesai diperbaiki dan siap digunakan. Kejadian itu menyebabkan jalur jalan di sekitar lokasi, hanya bisa digunakan satu lajur, dan satu lajur lagi ditutup sementara untuk aktivitas perbaikan.
Berdasarkan informasi, Sabtu(25/6/16), bagian bahu jalan tol itu ambles yang kedua kalinya, terjadi pada Senin (20/6/16) malam. Bagian yang ambles diperkirakan kedalamannya sekitar 10 sentimeter namun panjangnya mencapai 20 meter. Sehari sebelum ambles kedua kalinya, bagian bahu jalan itu baru selesai diperbaiki, dan siap digunakan setelah ambles beberapa waktu lalu.
Senin siangnya, perbaikan telah selesai dan di bagian lokasi ambles pertama kali telah dipasang sebanyak 48 tiang pancang, sebagai penahan agar tak ambles lagi. Namun sebelum kejadian hujan deras kembali mengguyur wilayah Subang, dan Senin malam bahu jalan itu ambles lagi, lokasinya sama persis dengan kejadian sebelumnya. Di lokasi terlihat beberapa tiang pancang yang sudah dipasang, sebagian ada yang patah diduga tak kuat menahan beban di atasnya.
Panit PJR tol Cipali, Heri Pranata saat dihubungi, Sabtu(25/6/16) membenarkan adanya kejadian itu. Menurut dia, lokasi yang ambles masih sama dengan sebelumnya. Kejadian itu sempat membuat jalur lalu lintas di lokasi kejadian hanya bisa digunakan satu lajur karena satu lajur lain terpaksa ditutup untuk aktivitas perbaikan. Saat ini di lokasi, perbaikan sedang berlangsung, termasuk menggunakan dua alat berat, hingga diharapkan perbaikan bisa secepatnya selesai.
"Kendaraan masih bisa lewat, cuma di lokasi jalur B hanya satu lajur yang digunakan. Kalau jalur A normal, tak ada masalah. Jadi tak akan mengganggu arus lalu lintas pemudik, sebab mayoritas pemudik melintas di jalur A. Tapi sebaliknya, arus balik bisa terhambat kalau bahu jalan yang ambles belum selesai diperbaiki," ujarnya.#PR