Awas Ini Bahaya,Kalau BPD - KADES Berkonflik - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Kamis, 26 Januari 2017

Awas Ini Bahaya,Kalau BPD - KADES Berkonflik


Karawang,PEKA.-Ditengah beragam ancaman dan kerawanan penyelewengan dana desa dan sumber keuangan lainnya, Kepala Desa dan Badan Perwakilan Desa (BPD) disarankan menjaga harmonisasi. Pasalnya, tugas dan wewenang dua jabatan ini sangat menentukan arah dan langkah pemerintahan desa dimasa-masa mndatang.(25/1/2017).

Kata Camat Cilamaya Wetan, Drs H Hamdani, faktor pemicu tersandungnya beragam kasus di desa-desa akibat dugaan penyelewengan dana, adalah karena berawal dari hubungan yang tidak baik antara Kades dan semua anggota BPD, lebih-lebih dengan lawan-lawan politiknya.

Contoh kasus adalah Desa Cilewo dan desa-desa lainnya, untuk itu ia sarankan BPD dan Kades harus saling kerjasama dan memerbaiki hubungan dengan baik. Kades sebut Camat, jangan sembarangan keluarkan kebijakan apapun tanpa sepengetahuan BPD, dan BPD juga tidak boleh melangkahi wewenang yang seharusnya dikerjakan Kades. Sebab, menyusun seabreg program semisal Peraturan Desa (Perdes), APBDes dan penetapan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) misalnya, butuh tandatangan kedua-duanya, baik Kades maupun BPD ,"  jangan semaunya,  tapi segala sesuatunya harus diketahui BPD," Ujarnya.

Hamdani mengingatkan Kades, bahwa segala bentuk laporan yang diajukan BPD jauh lebih dipercaya ketimbang masyarakat pada umumnya, karena BPD ini adalah wakil dari masyarakat dan mitra kerja pemerintah desa. Kalau tidak ada BPD, dipastikannya, segala bentuk penyusunan program dan kebijakan akan tersendat. Untuk itu ia harapkan, baik-baik dengan BPD, berikan hak-hak yang seyogyanya diberikan. Juga sarannya, bangunlah komunikasi yang baik dengan mengikut sertakan BPD dalam setiap rapat minggon maupun dialog-dialog kemasyarakatan. Dengan begitu, ia yakin semua program akan berjalan dengan optimal," Baik-baiklah dengan BPD, dan jangan So menjadi Kades tidak mau dengar saran-sarannya," Ungkapnya.#sr.
Posting Komentar