Berikut 10 Besar Penyakit Dikeluhkan Masyarakat Karawang - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Sabtu, 28 Januari 2017

Berikut 10 Besar Penyakit Dikeluhkan Masyarakat Karawang


Karawang-PEKA-.Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Jabar, mencatat hampir separuh dari jumlah penduduk di daerah itu yang totalnya mencapai 2.273.578 jiwa menjadi pasien rawat jalan di Puskesmas daerahnya masing-masing. 

"Catatan kami ada 1.167.806 warga yang menjalani rawat jalan di 50 Puskesmas sekitar Karawang selama tahun 2016," kata Kata Kepala Bagian Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan , Annisa.

Hingga awal 2017 jumlah penduduk Karawang disebutkan mencapai 2.273.578 jiwa. Sehingga bisa dikatakan kalau hampir separuh warga Karawang menderita berbagai jenis penyakit hingga harus rawat jalan di Puskesmas. 

Ia mengatakan, ada sepuluh besar penyakit yang dikeluhkan masyarakat Karawang saat datang ke Puskesmas. 

Kesepuluh penyakit tersebut ialah inspeksi saluran pernafasan akut (ISPA), hipertensi, myalgia atau nyeri otot, gastritis (sakit pada lambung), serta dermatitis (penyakit kulit).

Penyakit lainnya, demam tanpa diketahui sebab, rematik, common cold atau sakit flu, sakit kepala, serta penyakit diare. 

Menurut Annisa, sebanyak 1.167.806 warga yang menjalani rawat jalan di 50 Puskesmas selama tahun 2016 itu merupakan data yang dihimpun dari laporan pelayanan Puskesmas sepanjang 2016. 

"Data itu memang hanya rekap pasien rawat jalan Puskesmas-Puskesmas, belum termasuk jumlah pasien rawat jalan di sejumlah rumah sakit sekitar Karawang," katanya. 

Ia mengakui kalau dilihat dari data itu tercatat hampir separuh dari jumlah penduduk Karawang menjadi pasien rawat jalan Puskesmas. Tapi dalam pencatatannya dilakukan terhadap seluruh pasien rawat jalan yang ke Puskesmas. 

"Kalau ada warga yang datang beberapa kali ke Puskesmas, itu dicatat dan dilaporkan petugas terjadi beberapa kali kunjungan. Jadi pencatatannya tidak per pasien," kata dia. 

Di Karawang sendiri, saat ini dari jumlah 50 Puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan, ada 13 Puskesmas yang sudah melayani rawat inap. 
Posting Komentar