Dalam Ekspos Anggaran Desa, Pemerintah Desa Lemahmakmur Klaim Sudah Realisasikan Anggaran Pendidikan Dan Kesehatan - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Selasa, 31 Januari 2017

Dalam Ekspos Anggaran Desa, Pemerintah Desa Lemahmakmur Klaim Sudah Realisasikan Anggaran Pendidikan Dan Kesehatan


KARAWANG, PEKA - Pemaparan penggunaan dana Negara yang dikucurkan kepada Pemerintah Desa seperti Bantuan Gubernur (Bangub), anggaran dana desa (ADD), dan dana desa (DD), yang sudah direalisasikan oleh pemerintah Desa dari tahun-tahun sebelumnya dengan metode ekspos ditingkat Kecamatan Tempuran oleh pemerintah desa.

Program ekspos bantuan Negara kepada pemerintah desa tersebut merupakan inisiatif pihak kecamatan dan pemerintah desa. Namun dalam ekspos desa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Lemahmakmur, di Kecamatan Tempuran terkesan mengada-ada. 

Kenapa tidak, pasalnya dalam ekspos tersebut pemerintah Desa Lemahmakmur, untuk anggaran Dana Desa tahun 2015 dan 2016 terutama pendidikan dan kesehatan mengaku sudah direalisasikan untuk pembangunan PAUD Al-Huda dibuktikan dengan memampangkan foto PAUD Al-Huda, dan bantuan kesehatan di plotkan kepada Klinik Babakan Hoe. Padahal hingga saat ini PAUD tersebut belum menerima bantuan apapun dari pemerintah Desa Lemahmakmur dan klinik tersebut merupakan Klinik suasta.

Menanggapi hal tersebut Pemerintah Desa Lemahmakmur, Kecamatan Tempuran, Manto mengatakan, untuk tahun 2015 anggaran bagi PAUD itu tidak ada. “Dalam RAB juga tidak ada kang untuk PAUD mah, dan untuk DD tahap dua tahun 2016 untuk PAUD memang ada namun anggaran tersebut di Desa Lemahmakmur belum cair kang,” terang Manto ketika dihubungi melalui telepon selularnya, selasa (31/01/2017).

Ditempat berbeda Camat Tempuran Suwandi mengatakan, ekspos tersebut merupakan pemaparan penggunaan dana desa yang sudah direalisasikan oleh kepala desa tersebut. Sedangkan anggaran DD tahap dua tahun 2016 untuk Desa Lemahmakmur belum cair. “Belum cairnya anggaran tersebut memang karena ada keterlambatan kang, karena DD tahap satu untuk Desa Lemahmakmur sendiri cairnya akhir tahun sehingga untuk DD tahap duanya jadi terlambat,” katanya.

Namun ketika camat disinggung terkait adanya dugaan permasalahan mandegnya realisasi DD tahap satu tahun 2016 oleh Desa Lemahmakmur, yang berdampak pada lambannya pencairan DD tahap dua tahun 2016 dan dugaan tidak direalisasikannya anggaran DD untuk Pendidikan dan kesehatan tahun 2015, Camat enggan berkomentar lebih jauh. 

“Nanti kang saya tinjau dan tindak lanjut lagi masalah ini. Namun untuk DD tahun 2015 untuk PAUD itu tidak ada,” katanya.

Sementara itu anggota DPRD Kabupaten Karawang, Fraksi Gerindra, H. Saepudin Zuhri mengatakan, pembangunan gedung PAUD tersebut bukan anggaran dari Pemerintah Desa, melainkan didanai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. 

“Jika memang pembangunan PAUD tersebut diakui segai realisasi dana desa, silahkan kejaksaan periksa saja. Karena bangunan PAUD itu didanai oleh aspirasi pemerintah daerah bukan dari dana desa,” tegas H. Saepudin Zuhri, yang juga sebagai anggota komisi A, membidangi pemerintahan.#dzr-by    
Posting Komentar