Iklan
Loading...

Diklat Cakep SMP Bakal Sedot APBD Rp520 Juta

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Rabu, Januari 25


Karawang, PEKA - Sisa 48 Calon Kepala SMP (Cakep) hasil seleksi P4TK Cianjur, nasibnya masih menggantung. Meskipun paska pelantikan masih kosong 3 SMP lagi karena angkatan baru ini belum boleh mnjadi definitif, Disikpora Karawang mengabarkan bahwa Diklat lanjutan ke 48 Cakep ini ditanggung biaya sepenuhnya oleh Pemkab. Tak main-main, Biaya yang dikeluarkan untuk para Cakep ikuti diklat yang belum menjamin kelulusannya itu, dianggarkan sebesar Rp 520 juta.
Gambar Ilustrasi

Kepala Dinas Pendidikan Karawang, H Dadan Sugardan mengatakan, pelantikan Kepsek SMP kemarin adalah Cakep-Cakep yang mendaftar ditahun-tahun sebelumnya, jumlahnya diakui Dadan, masih kurang 3 SMP lagi karena masih kosong, disisi lain 48 Cakep angkatan 2016 kemarin belum bisa dilantik, karena masih dalam tahap uji kelayakan dan seleksi di P4TK Cianjur. Parahnya memang, status yang belum definitif sebagai Kepsek, tapi Diklat harus di ikuti di Muka yang menelan biaya belasan juta per Cakep, itu belum menjamin ke 48 Cakep juga lolos seleksi. Karenanya, Pemkab siap menjamin biaya semua Cakep SMP saat Diklat di P4TK Cianjur nantinya sebesar Rp 520 juta, tapi pihaknya masih menghitung-hitung kebutuhan pelatihan Cakep tersebut dengan P4TK, diharapkan bisa lebih efisien lagi," Diklat Cakep kita biayai Rp 520 juta nanti di P4TK, kalau dulu kan jadi dulu baru Diklat, kalau sekarang diklat dulu baru diloloskan, itu juga kalau lolos," Ungkapnya.

Dadan menambahkan, pelaksanaan diklat sendiri dari hasil koordinasinya akan digelar pada Maret mendatang, sekitar 2-3 bulan Cakep ini didiklat nantinya dan diharapkan tanggal 4 Juni ini bisa langsung selesai dan siap menjadi Kepsek. Sehingga setidaknya, UN dan Ijasah siswa bagi 3 SMP yang kosong itu sudah terisi Kepsek yang definitif. Jikapun masih belum terisi, pihaknya tetap mmberlakukan Pelaksana Tugas (Plt) pada Kepsek SMP terdekat," Pelaksanaan Diklat Maret nanti, mudah-mudahan yang sekarang 3 SMP kosong, nanti mah sudah terisi," Harapnya.

Sebelumnya, Cakep SMP Jayadi S.pd dari SMPN 1 Telagasari mengatakan, dirinya sudah dua kali ikut seleksi Cakep sejak digarap Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dan kin oleh P4TK. Dulu, Cakep yang lolos langsung di SK kan sebagai Kepsek definitif, baru kemudian di Diklat, sehingga cukup modal kantong sendiri juga untuk mengikuti Diklat. Tapi saat ini diakui Jayadi, 48 Cakep itu barui lolos kelayakan saja dari sekian puluh yang ikut seleksi dengan passing grade nilai, karena belum definitif saat ini sudah harus di diklat dulu, itupun masih belum menjamin lulus, karena yang dibutuhkan sekitar 24 orang saja. Akan dirasa canggung jika membayar biaya diklat dengan kantong sendiri, sementara hasilnya belum menentukan kelulusannya," Diklat itu kan pakai biaya, tapi belum di jamin lulus, kita memang berharap dibiayai Pemkab merata," Sarannya.#rds

Previous
« Prev Post

Related Posts

Rabu, Januari 25, 2017

0 komentar: