BANDUNG-PEKA-.Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyambut baik rencana Pusat kembali membuka lowongan CPNS 2017 untuk keahlian tertentu dan spesifik.
Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan rencana tersebut secara resmi belum diterima pihaknya dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) maupun Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). “Informasi resminya belum ada, tapi kami menyambut baik rencana tersebut,” katanya saat dihubungi, Kamis (26/1).
Menurutnya kebutuhan Pemprov Jabar akan formasi CPNS untuk keahlian tertentu akan dilihat terlebih dahulu. Namun Iwa mengakui persoalan berapa besar alokasi PNS formasi khusus untuk Jabar akan diserahkan dan menunggu arahan dari Pusat. “Pusat yang akan membuka lowongan CPNS, kami menunggu rencana lebih detilnya,” tuturnya.
Iwa menyambut baik rencana formasi khusus ini, meski di sisi lain pusat masih tetap melakukan moratorium penerimaan CPNS umum. Ini karena berdasarkan hasil evaluasi di tingkat nasional, belanja pegawai masih besar. Bahkan di satu daerah ada belanja tidak langsung mencapai 70% dan belanja publik hanya 30%.
“Sejauh ini, tidak ada rekrutmen CPNS umum untuk 2017. Kalau ada informasi, tolong klarifikasi ke kami. Insya Allah akan kami layani dengan baik. Kalau ada iming-iming, jelas itu indikasi penipuan,” kata Iwa
Karena itu pihaknya sendiri mewanti-wanti agar rencana Pusat kembali membuka lamaran khusus ini tidak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dirinya juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati mengingat kasus penipuan CPNS baru-baru ini sudah terungkap.#NV.