Jangan Makan 9 Makanan Ini Saat Sakit

0

Jakarta -PEKA-. Berikut sembilan makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang sakit agar tidak merasa semakin buruk, seperti dilansir laman Men's Health:

1. Kopi

Semua orang yang sedang sakit sebaiknya menghindari kopi terutama yang berkaitan dengan sakit perut. Minuman ini erat kaitannya dengan diare yang bisa membuat penderita sakit ingin buang air sehingga menyababkan dehidrasi.

2. Jus jeruk

Jus jeruk sebaiknya dihindari oleh penderita batuk atau sakit tenggorokan. Minuman ini memang menyegarkan tetapi saat batuk dapat melukai tenggorokan.

"Minuman ini mengandung asam sitrat yang bisa mengiritasi lapisan tenggorokan yang telah meradang," kata profesor kedokteran Emory University Taz Bhatia.

3. Makanan atau minuman manis

Mengkonsumsi gula dapat menekan kemampuan sel darah putih untuk melawan bakteri. Beberapa jam setelah mengemil kue, permen atau sereal bergula dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

"Gula cenderung menarik cairan dari saluran pencernaan yang dapat menyebabkan buang air besar encer dan diare," kata Kristine Arthur, internis dari Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, California.

4. Soda

Semua orang yang sedang sakit sebaiknya menghindari soda terutama yang berkaitan dengan sakit perut. Sama halnya dengan kopi, soda berkafein dapat menyebabkan dehidrasi. Soda yang sarat dengan gula bisa menekan sistem kekebalan tubuh dan mengacaukan saluran pencernaan.

5. Camilan renyah

Makanan ini sebaiknya dihindari oleh penderita batuk atau sakit tenggorokan. Tekstur kasar makanan seperti keripik kentang, granola atau bahkan roti renyah, ibaratnya dapat mengampelas tenggorokan yang akan memperlambat penyembuhan.

6. Alkohol

Semua orang yang sedang sakit sebaiknya menghindari alkohol terutama yang berkaitan dengan sakit perut. Alkohol, seperti kopi, dapat menimbulkan diare yang memperburuk dehidrasi.

7. Susu

Susu sebaiknya dihindari oleh penderita hidung tersumbat dan sesak karena dapat memicu timbulknya lendir atau dahak.

Namun itu tidak sepenuhnya benar. "Tidak ada bukti bahwa mengurangi susu dapat mengurangi lendir," kata Arthur.

Tetapi, beberapa orang mengakui bahwa susu dapat membuat dahak semakin tebal dan tidak menyenangkan.

8. Makanan yang digoreng dan berlemak

Makanan ini sebaiknya dihindari penderita sakit perut. Makanan berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk melewati sistem pencernaan yang dapat menyebabkan mual dan memicu timbulnya asam lambung.

Makanan ini juga memancing timbulknya kejang otot di saluran usus sehingga memperburuk diare.

9. Makanan pedas

Makanan ini sebaiknya dihindari penderita influenza. Paprika cabai dan saus pedas menyebabkan panas dari capsaicin yang merupakan senyawa yang dapat mengiritasi saluran hidung.
Posting Komentar