Iklan
Loading...

Karawang Belum Siap Menyelenggarakan UNBK

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Selasa, Januari 24


KARAWANG, PEKA – Kabupaten Karawang belum siap menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) karena fasilitas komputer yang sangat minim. Pemkab Karawang diminta agar tidak memaksakan diri untuk melaksanakan UNBK tahun ini karena akan membebani siswa. 

Sri Rahayu Agustina
Seharusnya untuk tahun ini Pemerintah daerah mempersiapkan seluruh fasilitas hingga tahun depan bisa melaksanakan UNBK. ” Kita harus realistis dong buat apa memaksakan diri kasihan siswanya kalau seperti ini,” kata Wakil Ketua I DPRD Karawang. Sri Rahayu Agustina,(24/1/2017).

Menurut Sri dari hasil kunjungan DPRD ke sejumlah sekolah pihaknya mendapatkan informasi jika fasilitas sekolah masih terlalu minim untuk melaksanakan UNBK. Setiap sekolah SMA misalnya jumlah murid mencapai 300 siswa sedangkan fasilitas komputer yang dimiliki hanya 40 unit, itupun hanya sekolah yang berada di kota. ” Kalau sekolah yang di perdesaan gitu tidak lebih 10 unit yang bisa digunakan, padahal sekolah paling banyak ada di pedesaaan,” katanya.

Sri mengatakan jika Pemkab menggunakan sistem shif dengan membagi tiga jadwal ujian justru menambah resiko human eror. Karena tingkat kebocoran soal akan semakin tinggi dan juga kemampuan fasilitas komputer diragukan untuk digunakan dengan 3 shif. ” Tolong jangan spekulasi kita harus pastikan terlebih dahulu fasilitas yang kita miliki,” katanya.

Untuk menutup kekurangan fasilitas sekolah seperti komputer pemerintah harus menyiapkan anggaran diseluruh sekolah. Hanya saja Sri mengingatkan agar pemerintah jangan sekali-kali mengeluarkan kebijakan untuk mengutif iuran kepada siswa sekolah untuk menambah fasilitas sekolah. ” Jangan ada pungutan lagi kasihan orang tua siswa. Saya sudah mendengar jika ada rencana pihak sekolah untuk meminta iuran siswa membeli komputer,” katanya.

Menurut Sri idealnya sekolah jangan dahulu menggelar UNBK untuk tahun ini karena kondisinya tidak memungkinkan. Sebaiknya tahun ini Pemkab Karawang mempersiapkan seluruh fasilitas sekolah hingga tahun depan bisa melaksanakan UNBK. “Tahun ini berbenah saja dahulu nanti kalau sudah siap baru melaksanakan UNBK,” pungkasnya.#oca-novi.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Selasa, Januari 24, 2017

0 komentar: