Polres Lakukan Rekayasa Arus di Jalur Puncak-Cipanas - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Sabtu, 28 Januari 2017

Polres Lakukan Rekayasa Arus di Jalur Puncak-Cipanas


Cianjur-PEKA-. Polres Cianjur, Jawa barat, lakukan rekayasa arus lalulintas di sejumlah titik rawan kemacetan guna menghindari terjadinya macet total di sepanjang jalur Puncak-Cipanas karena menjelang malam antrian kendaraan terlihat memanjang di kedua arah.

Pantauan antrian kendaraan terus memanjang dengan laju kendaraan tersendat sepanjang 5 kilometer menuju arah Bogor, sedangkan dari arah sebaliknya kendaraan padat merayap. Puluhan petugas dari Satlantas Polres Cianjur, terlihat turun ke jalan guna mengantisipasi terjadinya macet total pada libur panjang kali ini.

Bahkan sejumlah rekayasa arus dilakukan petugas, salah satunya melakukan penyekatan dan memberlakukan sistem satu arah untuk mencairkan antrian yang terus memanjang. Meskipun upaya tersebut belum maksimal, namun dapat mengurai antrian seiring meningkatknya volume kendaraan dari kedua arah.

"Dari Puncak sampai Cipanas yang biasa ditempuh dengan waktu 15 menit, hari ini sudah tiga jam kami terjebak antrian. Kami mau pulang ke Cianjur, setelah menghadiri resepsi di Bogor," kata Ikhsan (40) warga Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, saat ditemui di Jalur Cipanas, Sabtu.

Dia menjelaskan, sejak keluar tol Ciawi, hingga kawasan Puncak, antrian kendaraan dari kedua arah terus memanjang, meskipun sempat diberlakukan sistem satu arah dari Bogor menunju Puncak. Namun menjelang sore antrian kembali terlihat disepanjang jalur tersebut.

"Panjang antrian dari Puncak ke Bogor terlihat pagi saat diberlakukan satu arah menuju Puncak. Namun sore ini, antrian terlihat di kedua arah dari Puncak ke Bogor atau sebaliknya," kata Ikhsan.

Sementara Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Erik, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah rekayasa arus menyambut libur panjang imlek kali ini, seperti penyekatan dan sistem satu arah jika antrian kendaraan terus memanjang dan tidak bergerak, dimana sistem tersebut akan berkordinasi dengan Polres Bogor.

"Menjelang sore antrian kendaraan sudah terjadi dari kedua arah, dimana kami melakukan penyekatan dan sistem satu arah mulai dari Pertigaan Hanjawar sampai Pasar Cipanas, dimana jalur tersebut merupakan rawan terjadi kemacetan," katanya.

Meskipun belum melakukan sistem satu arah disepanjang jalur Puncak sampai Bogor karena volume kendaraan dari kedua arah masih tinggi, sehingga pihaknya menunggu kordinasi dari Polres Bogor.

"Mungkin menjelang malam baru akan dilakukan karena volume kendaraan menuju Puncak dari Bogor, masih tinggi," katanya.#ANT.
Posting Komentar