SETELAH KURTILAS DAN FULL DAY, KINI SMA DIREPOTKAN UNBK

0

Karawang, PEKA.- Tahun 2017 menjadi tahun pertama wewenang SMA/SMK diambil alih Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Selain dihadiahi wajib Kurtilas dan Full Day baru-baru ini, kini SMA/SMK juga ditekan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK), tak main-main, ditahun ini Dinas Pendidikan Jabar pasang target sukses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 85 persen di semua Kabupaten/Kota. Akibatnya memenuhi target tersebut, sejumlah SMA dengan keterbatasan peralatan komputer, server, jaringan dan lainnya kewalahan menyempurnakan kesiapan UNBK yang tahun sebelumnya masih manual.
Kata Pengawas SMA H Bunyamin M.Pd mengatakan, Pemprov melalui Gubernur diakuinya targetkan UNBK tahun ini sebesar 85 persen di Jabar, sehingga ada tuntutan bagi SMA yang perdana akan menerapkannya harus tuntas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)nya pada akhir Januari ini. Karena, Februari mendatang siswa yang akan ikuti UNBK ini harus mengikuti pendalaman Materi dan teknis UNBK. Urusan komputerisasi dan server yang masih kurang lengkap sebut Bunyamin, bisa meminjam ke anak atau sekolah terdekat, persoalanm lain yang krusial juga sambungnya, adalah pertimbangan anggaran. Tidak ada sanksi jika SMA enggan mengikuti UNBK tahun ini, tapi ini urusannya dengan wibawa sekolah, sebab SMA lain bisa, mengapa yang lainnya tidak bisa, disamping juga untuk memberi kontribusi target UNBK Jabar 85 persen itu tercapai," 85 persen target Provinis, memang gak ada sanksi UNBK atau tidak, tapi urusannya kan sama wibawa sekolah nantinya," Ujarnya.(26/1/2017).

Kepala SMAN 1 Cilamaya R Eman Sulaeman mengatakan, sekolahnya sudah siap menggelar UNBK tahun ini, soal kendala sendiri, ada dasarnya Sama dengan sekolah lainnya, seperti pengadaan pc client dan server, kecuali jaringan, UNBK di SMAN 1 Cilamaya ini siap," kalau jaringan  kita sudah siap , tapi server dan Pc Client masih jadi kendala," Ungkapnya.

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala SMA Negeri (MKKS) Karawang, Suwandi S.pd mengatakan, pada dasarnya Semua SMA  sekarang ini siap melaksanakan UNBK dengan gelaran mandiri, hanya saja tempat pelaksanaan ada yang di SMK sesuai pemetaan. Yang sudah pasti dilaksanakan sekolah sendiri adalah SMAN 1 Karawang yang dipiminnya, sementara yang lain, masih menunggu keputusan rapat-rapat berikutnya," keputusannya Rabu malam ini, berapa SMA yang mandiri dan berapa SMA yang UNBK nya nebeng di SMK sesuai pemetaan," Ujarnya yang juga di Amini Ketua MKKS SMA Dwi S.pd.#RS-NV.
Posting Komentar