Padang, PEKA - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, menyosialisasikan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 ke beberapa daerah di Sumbar.

Universitas Andalas (Unand) Padang
"Kami telah menyosialisasikan ke SMA/SMK di Riau, Jambi, dan selanjutnya di Sumbar," kata Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unand Syafwardi, dikonfirmasi di Padang, Kamis.

Pihaknya sejak awal Januari 2017 telah berkunjung ke Pekanbaru dan Sungai Penuh Jambi.

Ada pula rencana kunjungan ke sekolah di Kabupaten Mentawai pada 8 Februari 2017, Solok Selatan dan Pasaman pada 4 Februari, Dharmasraya dan Sijunjung pada 11 Februari 2017.

"Pembagian wilayah ini sesuai dengan kesepakatan dengan panitia lokal di Padang bersama Universitas Negeri Padang," kata dia.

Selain itu sejak akhir tahun 2016 banyak SMA/sederajat yang datang ke Unand dan diberikan pengarahan terkait SNMPTN dan SBMPTN tersebut.

Dia mengatakan dalam sosialisasi itu disebutkan tentang jadwal SNMPTN dan SBMPTN, pelaksanaan, metode hingga strategi pemilihan program studi.

Selaion pemaparan materi sosialisasi, siswa dan perangkat sekolah lainnya juga bisa berdialog terkait beragam pemikiran tentang seleksi mahasiswa tersebut.

Sementara itu sebelumnya Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir mengumumkan bahwa pelaksanaan SNMPTN terbagi atas lima tahap, yaitu pertama Pengisian dan Verifikasi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah mulai dari 14 Januari sampai dengan 12 Februari 2017.

Kedua Pendaftaran pada 21 Februari sampai 6 Maret 2017. Ketiga Proses Seleksi mulai 16 Maret sampai 15 April 2017. Keempat Pengumuman Kelulusan 26 April 2017.

Kemudian Pendaftaran Ulang Peserta yang Lulus SNMPTN 16 Mei 2017 dan bersamaan dengan ujian tertulis SBMPTN.

Sedangkan proses SBMPTN terbagi atas empat tahap, yaitu pertama Pendaftaran Computer Base Testing (CBT) atau sistem komputer atau tulis dan Paper Base Testing (PBT) mulai dari 11 April sampai 5 Mei 2017.

Kedua Ujian Tertulis CBT dan PBT pada 16 Mei 2017. Ketiga Ujian Keterampilan 17 dan atau 18 Mei 2017. Keempat Pengumuman Kelulusan pada 3 Juni 2017.#ant-novi.