Woww.. Katanya RSUD Dapat Akreditasi Kualitas Pelayanan Pasien?

0

KARAWANG, PEKA –  Wow.. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang mendapatkan akreditasi tingkat Paripurna Bintang lima.  Meski masih banyak di persulit saat hendak berobat. Namun RSUD tetap mendapatkan penghargaan.

Bangunan RSUD Karawang
Pasalnya, dengan akreditasi ini kualitas pelayanan terhadap pasien RSUD tidak perlu diragukan lagi karena sudah mendapat penilaian dari lembaga independen. Ada dua hal penilaian oleh lembaga independen yaitu mengenai kualitas pelayanan dan keselamatan pasien.

“Penilaian dilakukan oleh lembaga independen Joint Comision International. Hasil penilaian itu kita masuk akreditasi paripurna bintang lima yang merupakan akreditasi tertinggi yang diberikan oleh lembaga ini,” kata Dirut RSUD dr. Asep Hidayat Lukman, Senin (30/1).

Menurut Asep, lembaga indpenden Joint Comision Internasional merupakan lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk mengakreditasi rumah sakit. Tingkatan Akreditasi diberikan berdasarkan kemampuan rumah sakit dalam melayani masyarakat dan pasien. Dua hal yang menjadi dasar penilaian yaitu kualitas pelayanan dan keselamatan pasien. Untuk kualitas pelayanan tim penilaian melakukan penilaian mulai dari tingkat bawah atau office boy hingga direksi. Sedangkan penilaian kedua yaitu tentang keselamatan pasien yang ditangani rumah sakit.

”Untuk dua hal ini kita dinilai baik sehingga diberikan akreditasi paripurna bintang lima. Ini akreditasi paling tinggi yang diberikan dan di Jawa barat hanya empat rumah sakit yang mampu mendapatkan akreditasi paripurna bintang lima.

Asep mengatakan, dengan dicapainya level Bintang Lima dalam akreditasi oleh RSUD Karawang itu menunjukkan bahwa pelayanan rumah sakit terhadap pasien sudah sangat baik atau paripurna.  Begitu juga dengan makin lengkapnya fasilitas alat kesehatan makin menunjang pelayanan pasien,  sehingga ada beberapa penyakit yang sudah bisa diobati di RSUD Karawang tanpa perlu dirujuk lagi ke RS Hasan Sadikin Bandung. 

”Sekarang kita sudah bisa melayani masyarakat Karawang tanpa hatus merujuk ke rumah sakit lain,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsary memuji grafik pelayanan RSUD Karawang yang makin baik dari hari ke hari.  Tidak hanya itu,  Kang Jimmy juga mengapresiasi makin lengkapnya fasilitas alat dan kelengkapan RSUD,  sehingga para pasien RSUD bisa makin cepat dilayani. “Pelayanan RSUD Karawang makin dirasakan baik pelayanannya oleh masyarakat, ” katanya.

Menurut Jimmy,  makin baiknya pelayanan RSUD Karawang ternyata memang berbanding lurus dengan level akreditasi yang dicapai RSUD Karawang,  yakni level Bintang Lima atau level Paripurna.  Dengan level itu, RSUD Karawang sudah menjadi rumah sakit rujukan regional untuk wilayah Karawang,  Purwakarta,  Bekasi dan Subang. “Dengan menjadi rumah sakit rujukan regional,  maka yang awalnya ada beberapa jenis penyakit yang mesti dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung,  kini bisa diobati di RSUD Karawang, ” pungkasnya.#oca-novi.
Posting Komentar