Cuaca Buruk,Nelayan Karawang Kesulitan Dapatkan Ikan

0

KARAWANG,PEKA.-Akibat angin kencang dan tingginya gelombang ombak mengakibatkan nelayan di pesisir pantai utara Karawang kesulitan mendapatkan tangkapan ikan. Umumnya mereka mengaku, hasil tangkapan ikan berkurang hingga 90 persen dan kondisi ini terjadi dalam satu bulan terakhir.(06/2/2017).

“Biasanya kami menangkap ikan teri setiap harinya bisa mencapai 100 kilogram. Tapi sudah sekitar sebulan lebih kami hanya dapat 10 kilogram,” ucap Asip nelayan Asal Desa Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran.

Asip bersama sejumlah nelayan lainnya memilih tak melaut karena kehabisan modal. Selama cuaca buruk berlangsung seperti sekarang, hampir dipastikan kerugian lebih besar akan dialami jika memaksakan melaut.

“Melaut juga rugi, hasil tangkapan terus berkurang. Modal malah makin habis,” katanya.

Kondisi ini juga berdampak terhadap perputaran uang di tempat pelelangan ikan (TPI) Ciparage, Desa Ciparagejaya. Biasanya perputaran uang nelayan di TPI mencapai  Rp100 juta/hari. ” Sudah hampir sebulan ini perputaran uang hanya sekitar Rp18 juta,” kata Ketua TPI Ciparage, Budianto.

Budianto yang juga anggota DPRD Karawang ini mengaku untuk membantu masa paceklik para nelayan saat ini pihaknya telah menggelontorkan dana paceklik kepada 174 anggota TPI tersebut.

 “Dana paceklik ini kami dapatkan dari pemotongan sebesar 1persen jumlah tangkapan nelayan. Jadi jumlahnya bervariatif setiap nelayan,” pungkasnya.(oca).
Posting Komentar