Iklan
Loading...

Deklarasi Masyarakat Karawang Anti Hoak " Jangan Terpengaruh Berita Hoax di Medsos "

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Jumat, Februari 3

Karawang-PEKA.-Berikut isi sambutan Bupati Karawang pada acara deklarasi masyarakat anti hoax yang dipadukan dengan  pencanangan deteksi dini kanker leher rahim dan payudara sekaligus penyerahan sertifikat akreditasi kepada RSUD Karawang tahun 2017.(3/2/2017).

Bismillahirrohmaanirrohiim,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yth.Dirjen Penyelenggaraan Pos & Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, atau yang mewakili.
Ketua DPRD beserta segenap unsur forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten Karawang, yang saya hormati.
Sdr. Wakil Bupati Karawang, Sekretaris Daerah beserta para asisten dan staf ahli, yang saya hormati.
Para kepala OPD di lingkup pemerintah Kabupaten Karawang, yang saya hormati.
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karawang, FKUB beserta MUI Kabupaten Karawang, yang saya hormati.

Jajaran panitia beserta para PNS peserta senam pagi dan hadirin undangan,yang berbahagia.

Pertama-tama,marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt,karena atas limpahan rahmat serta karunia-Nya, pada saat ini dalam keadaan sehat wal’afiat kita dapat hadir untuk bersama-sama melaksanakan senam Jum’at, dimana pelaksanaannya dipadukan dengan kegiatan deklarasi masyarakat anti hoax dan pencanangan deteksi dini kanker rahim dan kanker payudara dalam rangka hari kanker sedunia sekaligus penyerahan akreditasi kepada RSUD Karawang tahun 2017.

Hadirin yang saya hormati,
Kita ketahui bersama, di era teknologi informasi saat ini, sosial media menjadi urat nadi informasi para manusia, informasi menjadi sebuah barang yang saat ini mudah dibuat, disebarluaskan dan dipercayai oleh orang banyak, sehingga dengan semakin mudahnya informasi, maka semakin “sampah” pulalah informasi yang tercipta. 

Selain itu, berita hoax dibuat kadang-kadang bukan semata untuk perjuangan kepentingan politik atau golongan belaka saja. Kadang, info hoax ini adalah ladang uang bagi para pencipta berita-berita hoax. Berita yang sensasional akan mendatangkan click yang banyak ke alamat laman mereka, sehingga click yang banyak akan meningkatkan traffic, dari trafic yang tinggi ini sang pembuat hoax bisa mengkomersilkan laman hoax nya untuk mendatangkan uang bagi dirinya.

Hoax termasuk sebuah dampak jelek yang ditempelkan ke dalam internet, meskipun internet adalah sarana tempat pencarian hal yang berbau positif seperti halnya ilmu pembelajaran untuk pendidikan, mencari informasi kepemerintahan, mencari informasi berita terkini dan seterusnya,

Oleh karena itu, Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 atau undang-undang ITE adalah undang-undang yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik atau teknologi informasi secara umum. Undang-undang ini juga berlaku untuk setiap orang yang melakukan perbuatan hukum sebagaimana diatur dalam undang-undang ini, baik yang berada di wilayah hukum Indonesia maupun diluar wilayah hukum Indonesia yang memiliki akibat hukum di wilayah hukum Indonesia dan merugikan kepentingan Indonesia.

Pada kesempatan ini, saya sampaikan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan transaksi elektronik, bertujuan : mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia ; mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional ; meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan publik ; membuka kesempatan seluas-luasnya kepada setiap orang untuk memajukan pemikiran dan kemampuan di bidang penggunaan dan pemanfaatan teknologi ; serta memberikan rasa aman, keadilan dan kepastian hukum bagi pengguna teknologi informasi.

Hadirin sekalian, yang saya hormati
Terkait dengan kegiatan pencanangan deteksi dini kanker rahim dan kanker payudara di Kabupaten Karawang, pada dasarnya pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Karawang, disamping pembangunan bidang pendidikan dan ekonomi kerakyatan serta bidang infrastruktur. Hal ini karena kami di jajaran pemerintah daerah memandang bahwa kesehatan merupakan salah satu hak dasar manusia, dan juga merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang bersama faktor pendidikan dan ekonomi menjadi ukuran untuk menentukan indeks pembangunan manusia (IPM).

Atas dasar tersebut, pemerintah daerah turut menetapkan salah satu misi pembangunan bidang kesehatan, yang antara lain memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau, dimana salah satu sasaran strategis dari misi tersebut adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang didukung oleh perilaku masyarakat yang proaktif dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah resiko terjadinya penyakit, melindungi diri dari ancaman penyakit serta berpartisipasi aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat.

Sebagaimana kita ketahui bersama, salah satu penyakit yang menjadi momok bagi masyarakat adalah kanker. Bahkan berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh organisasi kesehatan internasional WHO, Kanker merupakan penyakit pembunuh nomor dua setelah penyakit jantung. Hal ini karena kanker merupakan silent killer, dimana penyakit ini menggerogoti raga, tanpa kita menyadarinya. Banyak kasus terjadi, penderita kanker baru menyadari saat stadium penyakitnya sudah parah dan tidak banyak yang dapat dilakukan.

Kanker sendiri terdapat beberapa jenis, dimana kanker leher rahim dan kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang menjadi momok menakutkan bagi kaum perempuan di Indonesia.Namun demikian, meskipun menjadi salah satu penyakit mematikan, keberadaan penyakit kanker ini sebenarnya dapat dicegah sejak dini. Oleh karena itu, sejalan dengan diselenggarakannya seminar kesehatan ini, saya berharap kegiatan ini dapat me-refresh kembali kewaspadaan kita terhadap penyakit kanker, sehingga kita dapat semakin sadar akan pentingnya mencegah penyakit kanker.Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian kita bersama, karena pengetahuan dan kewaspadaan akan penyakit kanker saja tentu tidak cukup, melainkan perlu didukung dengan langkah kita dalam menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan yang ada.

Selanjutnya, perlu saya sampaikan penyerahan sertifikat akreditasi ini saya sambut positif, karena kegiatan ini  selain ditujukan sebagai pengakuan pemerintah terhadap eksistensi RSUD, juga sebagai upaya penghargaan atas kiprahnya di bidang kesehatan.

Untuk itu, saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran RSUD Kabupaten Karawang atas terselenggaranya kegiatan ini. Mudahan-mudahan dapat menjadi salah satu momentum penting dalam upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Karawang.

Terakhir, melalui deklarasi masyarakat anti hoax ini, saya berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karawang agar tidak mudah terpengaruh dengan berita-berita hoax yang ada di media sosial, agar mencerna terlebih dahulu jangan mudah percaya.

Hadirin yang saya hormati,
Demikian, sambutan yang dapat saya sampaikan, semoga Allah SWT senantiasa memberikan pertolongan dan perlindungan, sehingga segala kreativitas kita berada dalam limpahan rahmat, karunia, dan ridho-Nya …. Amiin. 

Billahittaufiq walhidayah.
Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Karawang, 3 Februari 2017.
Bupati Karawang
TTD

drCellica Nurrachadiana


Previous
« Prev Post

Related Posts

Jumat, Februari 03, 2017

0 komentar: