Diare bisa mengakibatkan kematian? ini dia Faktanya!!! - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Senin, 06 Februari 2017

Diare bisa mengakibatkan kematian? ini dia Faktanya!!!


KARAWANG, PEKA - Musim penghujan, disadari atau tidak memiliki dampak bagi kesehatan masyarakat, apalagi disertai banjir yang berimplikasi membuat sumber air bersih tercemar dan membuat banyak kuman dari air-air kotor berkeliaran.

Ilustrasi Penyebab Diare
Diare menjadi penyakit yang paling mudah ditemui seiring datangnya musim penghujan, mulai diare level biasa hingga diare yang sudah sedemikian parah hingga penderita memerlukan perawatan intensif di rumah sakit (RS).

Kepala UPTD Puskesmas Telagasari, H.Asep Saepul Bahri SKM menjelaskan, penyakit diare memang berpotensi meningkat seiring musim hujan yang biasanya menyebabkan banjir sehingga memperburuk kesehatan lingkungan. "Bahwa diare menempati urutan pertama tren penyakit yang ditangani Puskesmas pada musim penghujan tahun lalu," Ulas H. Asep, Senin (6/2/2017).

Memasuki awal tahun yang disertai tingginya curah hujan, ia memprediksi membuat potensi meningkatnya penderita diare kian besar, sebab perbandingan penderita diare pada bulan lalu tidak begitu banyak. Meski kerap dianggap sepele, penyakit diare ternyata memiliki potensi menyebabkan kematian jika penanganan terhadap penderita tidak cepat dilakukan, sebab dehidrasi menjadi hal yang perlu diwaspadai akibat diare.

"Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa berdampak fatal jika tidak ditangani secara cepat. Apalagi, penderita diare yang disertai muntah-muntah yang membuat cairan tubuh akan semakin cepat berkurang," terangnya.

Untuk mengantisipasi terkena diare, kata dia, pola hidup bersih harus selalu dijaga dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, tujuannya untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Berkaitan dengan kuman, penyakit tifus juga perlu diwaspadai selama musim penghujan ini, sebab lingkungan yang kotor rentan menyebabkan makanan dan minuman tercemar bakteri yang bisa menyebabkan penyakit tifus. "Potensi terkena diare dan tifus sebenarnya sama jika mengonsumsi jajanan secara sembarangan. Karena itu, hati-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Yang jelas, jangan membeli jajanan sembarangan," katanya.

Penyakit-penyakit yang kerap muncul saat musim hujan, terang dia, antara lain diare, DBD, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), disebabkan banjir yang mencemari sumber-sumber air dan lingkungan yang kotor. Namun, ia mengingatkan, penyakit yang juga mengintai dan perlu diwaspadai saat musim penghujan adalah leptospirosis, disebabkan kuman yang tinggal di tinja dan air kencing tikus, dengan risiko kematian relatif tinggi.#dzr-novi.
Posting Komentar