Loading...

Dibuka Seleksi Kadishub Karawang

Hama Keong dan Tikus Serang Padi, Petani Terancam Merugi

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Selasa, Februari 21, 2017


KARAWANG, PEKA – Petani sawah di Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang, keluhkan hama keong mas dan tikus yang menyerang tanaman padi milik para petani.

Hama Keong Menyerang Padi
Hama keong mas ini memakan batang padi yang baru selesai ditanam,” kata salah Petani Warga Desa Jaya Negara, Kecamatan Tempuran, Kasma (47), kepada PEKA, selasa (21/2/2017).

Dikatakan Kasma, serangan hama keong mas sudah menyerang hampir seluruh tanaman padi milik petani di desa tersebut, serta desa lainnya. Selain hama keong ternyata muncul hama lainnya seperti hama tikus, dan wereng.

Hama keong menyerang padi petani, biasanya terjadi setelah luapan air. Akibat banjir, keong menyebar ke seluruh sawah petani,” ungkapnya.

Disesali Kasma, padi yang baru ditanamnya sepekan lalu, terpaksa ditanam ulang, dengan menggunakan sisa bibit padi sebelumnya. Ia biasa menyemai padi dan selalu melebihkan, sebagai antisipasi kemungkinan jika tanaman padi terjadi gangguan hama atau musibah lain, selain keong mas.

“Jika harus menyemai padi kembali rasanya tidak mungkin, sebab membutuhkan waktu 21 hari, hingga bisa ditanam di sawah,” imbuhnya.

Hal sama juga dikeluhkan Entai, setiap musim tanam padi hama keong selalu muncul. Untuk mengantisipasi hama tersebut, petani harus sabar, dengan mengutip keong satu persatu, sebab sampai sekarang petani belum menemukan dan banyak tau racun pembasmi keong.

Petani berharap, kepada Dinas pertanian Kabupaten Karawang agar ikut serta menanggulangi hama keong, dan memikirkan cara antisipasi ke depan.

“Pemerintah harus bisa membantu mencarikan solusinya. Sebab keong selalu muncul pada musim tanam tiba,” harapnya.#dzr-novi.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Selasa, Februari 21, 2017