Ini Terjadi di Karawang,Pihak Sekolah Pinjam Laptop Siswa Demi Bisa Mengikuti UNBK April Mendatang - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Rabu, 01 Februari 2017

Ini Terjadi di Karawang,Pihak Sekolah Pinjam Laptop Siswa Demi Bisa Mengikuti UNBK April Mendatang


Karawang, PEKA.- Demi melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 10-13 April mendatang dengan mandiri, SMAN 1 Telagasari sisir media penunjangnya seperti laptop dari para siswa dan guru-guru. Pasalnya, dari total peserta UNBK 420 siswa, SMA penerap Kurikulum 2013 (Kurtilas) pertama di Karawang ini, hanya memiliki 40 unit saja.(1/02/2017).
Operator SMAN 1 Telagasari, Yusuf Urip ST mengatakan, Sekolahnya akan melaksanakan UNBK mandiri, dengan kata lain tidak nebeng ke SMA/SMK lainnya, karena ikut mempengaruhi psikologis pada siswa. Namun, diakuinya, fasilitasnya masih sangat minim, karena minimalnya, UNBK mandiri untuk menampung 420 siswa ini butuh 4 ruangan dengan 4 server. Disisi lain, Laptop yang dimiliki sekolah yang layak operasi hanya 40 unit saja. Untuk itu, membagi waktu pelaksanaan UNBK yang 3 Shift, yaitu termin 1 pukul 08.00-10, termin 2 pukul 11.00-13.00 dan terakhir pukul 14.00-16.00, maka setidaknya SMAN 1 Telagasari ini butuh sekitar 143 unit komputer. 

Maka, sambung Yusuf, pihaknya menyisir guru dan siswa yang mempunyai laptop untuk rela di pinjam dan di karantina nantinya demi pelaksanaan UNBK yang mandiri di kampus sendiri. Hanya saja, sejauh ini belum ada arahan lanjutan, kapan anak-anak dibintek dan jadwal simulasinya kedepan," Kita sudah bikin surat pernyataan keada orangtua, agar kiranya laptop anak-anaknya sudi di pinjam dan di karantina jelang UNBK nanti untuk menutupi kekurangannya," Ungkapnya.

Wakasek Kurikulum SMAN 1 Telagasari, Lukman Effendi S.pd mengatakan, pihak sekolah memberanikan diri mengambil kebijakan UNBK mandiri, meskipun fasilitasnya harus pinjam dulu ke siswa dan guru, tinggal dibuatkan saja berita acaranya, termasuk pengadaan 4 server untuk menunjang pelaksanaan UNBK mulus. Tahun ini, diakui Lukman, menjadi perdana bagi SMA nya melaksanakan UNBK, diharapkan para siswa tetap tenang, sebab meskipun nilai UN tidak berkontribusi besar pada kelulusan, namun siswa agak kaget dengan sistem durasi yang diberlakukan di UNBK ini. Tapi yang paling penting, sebutnya, anak-anak ini selalu diarahkan agar tetap serius belajar," pinjam dulu ke siswa dan guru nanti laptopnya, dikarantina semingguan mungkin nanti," Ujarnya.

Lebih jauh ia menambahkan, siswa tambahnya, diharapkan tidak terlalu gaptek dalam mengoperasikan komputer nantinya, karena akan dibimbing sebelumnya oleh protor dan operatornya. Karenanya, UNBK yang mengujikan Bahasa Indoensia, Matematika dan Bahasa Inggris dengan durasi 120 menit ini dengan 40 soal pilihan ganda ini, bisa disesuaikan dan dimanfatkan sebaik-baiknya," Nanti laptopnya yang dipinjami itu diuji dulu kelayakannya, semoga smuanya bisa lancar," Harapnya.#sr.
Posting Komentar