Pemkab Karawang Tingkatkan Produksi Rumput laut

0
KARAWANG, PEKA  - Bupati Karawang Cellica Nurachadiana mengaku akan mengoptimalkan hasil tambak  rumput laut di sekitar pesisir laut Karawang. Pasalnya dari potensi 16 ribu hektar lahan rumput laut baru tergarap 2500 hektar saja digunakan untuk tambak rumput laut."Potensi ini harus kita garap lebih luas lagi untuk mengangkat perekonomian masyarakat pesisir," kata Cellica saat meresmikan panen perdana rumput laut Gracilaria SP di Desa Sedari Kecamatan Cibuaya, Kamis (16/2).


Menurut Cellica ada empat hal yang akan dilakukan Pemkab Karawang untuk meningkatkan produksi tambak rumput laut yaitu penyediaan bibit rumput laut, peningkatan SDM, perbaikan infrastruktur dan juga pengembangan pemasaran."Anggarannya akan kita siapkan supaya target peningkatan produksi rumput laut bisa lebih meningkat," katanya.

Ilustrasi Rumput Laut

Cellica mengatakan untuk mencapai hal tersebut Pemkab Karawang menetapkan Desa Sedari menjadi proyek percontohan budidaya rumput laut. Alasannya petambak rumput laut di Desa Sedari berhasil membudidayakan rumput laut. Hal ini dibuktikan dengan hasil panen perdana yang cukup baik. "Petani tambak rumput laut disini (desa Sedari)i sudah berhasil makanya kita jadikan proyek percontohan," katanya.

Petambak rumput laut di Desa Sedari berhasil melakukan panen perdana. Dari hektar tambak rumput laut berhasil memanen 12 ton atau setiap 1 hektar bisa menghasilkan 2 ton rumput laut. Saat ini sudah ada 120 hektar tambak rumput laut  dari 2500 lahan tambak di Desa Sedari. "Kita minta sisa lahan tambak yang belum digunakan agar bisa segera dimanfaatkan dan pemerintah akan memberikan bibit rumput lautnya," katanya.  

Cellica berharap proyek percontohan bisa berjalan sukses agar bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi. Apalagi berdasarkan pengakuan dari para petambak pendapatan mereka diatas upah UMK Karawang. Sehingga jika seluruh potensi lahan tambak yang ada di Karawang bisa diberdayakan bisa membuka lapangan kerja lebih banyak lagi. "Harapan kita seperti itu warga Karawang jangan hanya berharap bekerja di pabrik jadi petambak juga sejahtera," katanya.

Menurut Cellica membudidaykan rumput laut bisa tumpangsari dengan budi daya udang ataupun bandeng dilahan tambak. Dengan begitu petambak rumput laut hasilnya bisa lebih besar lagi."Apalagi pemasarannya mudah karena hasil rumput laut sudah ada yang menampung," pungkasnya.#oca-novi.
Posting Komentar