Segudang Warga Karawang Berharap Mendapatkan Giliran Program Rutilahu - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Kamis, 09 Februari 2017

Segudang Warga Karawang Berharap Mendapatkan Giliran Program Rutilahu


KARAWANG,PEKA-Akibat terkendala status kepemilikan tanah banyak rumah warga yang kondisinya tidak layak huni tidak dapat mendapatkan program bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu),ditambah oleh keterbatasan anggaran rutilahu sendiri menambah program tersebut tidak dapat berlangsung secara menyeluruh.(10/2/2017).

"Sebenarnya banyak sekali warga wajib menerima program rutilahu akan tetapi banyak yang tidak dapat dibangunkan karena terkendala status tanah bukan milik pribadi atau menumpang di tanah orang," tutur Kades Dayeuhluhur, H Sapin Hidayat,di Tempuran.

Dia menyebutkan salah satu persyaratan penerima rutilahu adalah bangunan harus berada di atas tanah sendiri. Hal itu, lanjutnya,untuk mengantisipasi agar setelah rumah dibangun tidak ada kendala kedepannya.

Meski demikian,Kades Dayeuhluhur, tidak berarti warga tidak mampu itu tak berhak mendapat bantuan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggandeng pihak ketiga termasuk yayasan yang bergerak dibidang sosial dan keagaman.

Dia juga mengatakan hingga saat ini dirinya sudah menerima setidaknya 200 proposal dari masyarakat desa setempat untuk perbaikan rutilahu. Dilain hal, alokasi anggaran atau bantuan untuk rutilahu jumlahnya terbatas yang diterima oleh desanya,keluh Sapin.

Di tempat terpisah Canta  warga Sukamakmur warga setempat mengatakan kondisi bahwa rumahnya sudah lapuk  nyaris roboh,namun dirinya sudah mendapatkan bantuan  untuk memperbaiki rumahnya dari mahasiswa .

“Bantuan dari para mahasiswa tersebut memang ada namun hanya untuk sementara waktu supaya rumah tidak ambruk saja,semoga kedepan saya mendapatkan giliran program rutilahu” harap Canta.#ddy.
Posting Komentar