Iklan
Loading...

Sekdes Cilewo Telagasari Resmi Jabat PLT Kades

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Minggu, Februari 12


Karawang,PEKA.-Meskipun menimbulkan pertentangan soal pengganti Kades Cilewo yang ditetapkan tersangka soal penunjukan jabatan Pelaksana Tugas (Plt) dari keluarganya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) tetap menunjuknya dengan dalih regulasi UU Nomor 6 tahun 2014 yang tanpa pengecualian selain Sekretaris Desa (Sekdes). Sejak Kamis 9/2 kemarin,SK Plt Kades Cilewo sudah dilayangkan DPMD kepada pihak Kecamatan untuk kemudian ditindaklanjuti.

Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Pemerintahan DesaDPMD Karawang, Budiman Ahmad mengatakan, seperti halnya di Desa Parungmulya, Kades Cilewo yang ditahan dan ditetapkan tersangka harus sudah di Plt kan, karena menurut aturan yang ada, Plt yang ditunjuk adalah Sekdesnya sebagai pengendali pemerintahan desa selama belum adanya ketetapan hukum atas Kadesnya, bukan yang lain. Tidak ada diktum maupun pasal yang menyebutkan bahwa Plt Kades itu dikecualikan hanya gara-gara status Sekdesnya adalah adik atau kerabat dekatnya. Karenanya, Kamis kemarin, pihaknya sudah serahkan  SK plt kepada Sekdes ke Kecamatan untuk kemudian ditindaklanjuti. (12/2/2017).

Jabatan plt ini sambung Budiman, hanya sebatas sementara untuk menggawangi roda pemerintahan sampai dengan ada putusan tetap. Parungmulya misalnya, Plt juga di jabat Sekdesnya, baru-baru ini Kadesnya diputus bebas, maka Pltnya itu gugur dan Kades dijabat kembali paska ada keputusan tetap dari lembaga berwenang." Tidak ada aturan karena kerabat dekat atau adik/kakak Kades, Sekdes dilarang jadi Plt, karena aturannya mutlak harus Sekdes saja," tandasnya.

Kasie Pemerintahan Kecamatan Telagasari, Ai Hidayat mengaku, SK Plt Kades Cilewo sudah turun ke Kecamatan, namun surat SK dengan nomor 141.1/Kep.329-Huk/2017, tertanggal 11 Januari itu, baru akan diberikan kepada Sekdes pada Minggon Kecamatan selasa mendatang.

Tidak bisa kepada yang lain, karena memang aturan otomatis harus jatuh ketangan  sekdes sebagai Plt. Nanti saat penyerahan SK Plt sambung Ai, akan dihadirkan Ketua, Sekretaris dan Wakil Ketua BPD untuk berita acara dan menyaksikannya." Selasa baru kami akan serahkan, kalau SK Plt itu turunnya sejak 11 Januari sebenarnya," Pungkasnya.#sr.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Minggu, Februari 12, 2017

0 komentar: