Loading...

Dibuka Seleksi Kadishub Karawang

Wow!!! Ada Satu Kampung di Kutuk di Karawang

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Minggu, Februari 12, 2017

KARAWANG, PEKA - Sumurgede, nama tersebut mungkin tidak asing bagi sejumlah masyarakat Karawang, khususnya masyarakat diwilayah bagian Utara Karawang seperti Kecamatan Tempuran dan Kecamatan Cilamaya. Pasalnya nama Sumurgede merupakan salah satu nama desa di Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang.

Lokasi Sumurgede 
Namun tidak sedikit masyarakat Karawang mengetahui asal muasal darimana nama desa yang mereka tinggali saat ini. Seperti halnya desa sumurgede, nama desa tersebut diambil dari salah satu sumur peninggalan jaman dahulu dengan ukuran sumur lebih besar dibanding dengan sumur-sumur eret pada umumnya. Sehingga sumur tersebut diberi nama sumur 'Gede' atau jika dituangkan kedalam kamus bahasa indonesia 'Besar'.

Menurut keterangan Kepala Desa Sumurgede, Yahya mengatakan, sumurgede tersebut ada di desanya sudah sejak jaman dahulu bahkan menurut cerita turun temurun sumur tersebut ada sejak jaman para wali Allah SWT. Dimana pada jaman dahulu ada salah seorang wali Allah yang hendak beribadah dan meminta air minum kepada warga sekitar namun tidak diberi, akhirnya orang tersebut membuat sumur dengan sekejap tanpa diketahui bagaimana caranya.

"Dari situ timbul sumur dengan ukuran cukup besar. Dan dulunya sumur tersebut berjumlah tiga sumur, namun kini tinggal satu sumur karena sumur lainnya ditimbun akibat sempat ada komplik dengan ahli waris pemilik tanah tempat timbulnya sumur itu," terang Kades, kepada PEKA, minggu (12/2/2017).

Selain itu terang Kades, setelah kejadian tersebut satu lingkungan yang ada sekitar sumur itu semua airnya asin, sehingga tidak bisa diminum. Menurut sejarah hal itu akibat kutukan dari wali Allah itu kepada masyarakat lingkungan sumur tersebut yang dahulunya pelit terhadap air saat wali tersebut meminta air pada masyarakat itu.

"Dalam kutukannya wali tersebut mengatakan jika masyarakat lingkunga itu airnya akan asin hingga 7 turunan. Dan air asin itu hanya lingkungan sekitar sumur saja sedangkan diluar itu airnya tawar. Namun kini telah sudah 7 turunan dan airnya sudah kembali normal," ulasnya.

Dari sejarah tersebutlah sumurgede tersebut dijadikan salah satu nama desa di Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang.
"Kini kondisi sumur bersejarah ini kurang terawat karena masih ada konflik dengan pewaris tanah tersebut," ujar Kades.#dzr-novi.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Minggu, Februari 12, 2017