Karawang,PEKA-.Asosiasi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Karawang eks Program PNPM Mandiri, sudah membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) 3 bulan terakhir. Meskipun 6 UPK diantaranya belum bergabung investasi usaha antar UPK, namun KUBE yang sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah perushaan produk-produk rumah tangga dan BUMN ini, tetap lancar.(15/3/2017).

Ketua KUBE Mandiri Karawang, Nurhadi Saputra mengatakan, KUBE merupakan kelompok yang dibentuk oleh Asosiasi UPK Karawang untuk menjalankan usaha ekonomi lain diluar program UPK. Wal hasil, dengan penggunaan dana Cash Flow yang di investasikan rata-rata Rp 1 juta per UPK, bisa menjalin kerjasama untuk penjualan produk-produk profit dan kebutuhan rumah tangga. Ia menyebut seperti kerjasama dengan PT Millenium Masa Manunggal, Indosat, Telkomsel sampai dengan Bulog untuk urusan Rumah Pangan kita (RPK) seperti gula Pasir, Beras, minya sayur dan daging. Walau masih berjalan 3 bulan terakhir, dirinya apresiasi kerjasama investasi ini untuk mendulang profit tambahan bagi pengelola UPK." KUBE ini bentukan dari asosiasi dan satu-satunya di Karawang, Kabupaten lain gak ada," Ungkapnya.



Nurhadi menambahkan,Hasil keuntungan dari KUBE ini lazimnya koperasi akan dihitung selama setahun berjalan dari sisa hasil usahanya, namun laporan-laporan KUBE ini trpisah di luar UPK, mskipun dari 24 UPK di Karawang, 6 diantaranya belum bergabung. Alasannya, sebut Nurhadi, mungkin persoalan waktu dan keuangan di internal UPK yang belum memungkinkan berinvestasi bersama."  usaha KUBE ini diharapkan bisa berkembang untuk kebutuhan kelompok, " Ujarnya.



Pria yang akrab disapa Hadi Phestol ini menambahkan, gabung atau tidaknya beberapa UPK pada KuBE ini tidak ada paksaan, karena sifatnya sukarela saja. Sebab, dasar dibentuknya KUBE mandiri ini semata-mata untuk usaha lain yang dilakukan UPK diluar perguliran yang ada. Diharapkan memang, dengan kerjasama berbagai perusahaan produk rumah tangga ini bisa menarik minat usaha para pengelola UPK dan kelompoknya." Gabung di KUBE ini gak ada paksaan, tapi sifatnya sukarela saja, karena hasil semuanya bisa dirasakan para pengelolanya," Pungkasnya.#sr.