Kades di Tempuran Kecewa Berat Akibat Kali Layapan Mengalami Pendangkalan - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Kamis, 16 Maret 2017

Kades di Tempuran Kecewa Berat Akibat Kali Layapan Mengalami Pendangkalan


Karawang, PEKA.- Pendangkalan yang terjadi di kali layapan sepanjang Lemahsubur - Cikuntul Kecamatan Tempuran semakin parah. Tak tanggung-tanggung, 5 Desa di Kecamatan itu protes agar segera ada realisasi. Mengingat, seringnya air luber dibeberaa desa, sementara dihilir air tidak masuk.Bahkan, Kades mengancam membendung Irigasi tersebut jika realisasi pengerukan  tahun ini kembali gagal.


Dikatakan Kades Pancakarya, Ata Sutisna Jilun , Kali layapan utamanya di Kalen Asem semakin memprihatinkan,  sebab, irigasi yang bersumber dari SS Leuweung Seureuh ini seringkali membuat banjir kerumah-rumah warga di Dusun Bengle, parahnya, justru di hilir air jarang masuk seperti di Cikuntul.  Karenanya, menghindari banjir di jalur hulu seperti Pagadungan dan Pancakarya dan kekurangan air di wilayah hilir seperti Cikuntul dan Sumberjaya, tidak ada jalan lain kecuali harus ada pengerukan." Kita sudah ngusulkan, kemarin kabarnya masih simangsiur kapan direalisasikannya," Ungkapnya.

Lebih jauh Jilun menambahkan, baru-baru ini, pihaknya menerima informasi  bahwa akan ada pengerukan irigasi dengan anggaran Rp 1,5 Miliar dari Pondok Bales Lemahsubur - Cikuntul. Karenanya, menanggulangi itu, diharapkan realisasinya titik 0 di mulai dari hilir yaitu di Cikuntul, ini agar di wilayah hulu bisa lancar." Kabarnya ada anggaran Rp 1,5 Miliar, moga benar bisa realisasi ," Ungkapnya.

Disinggung jika tahun ini tak ada realisasi, Jilun mengaku kecewa dan siap-siap aksi verbal dari masyarakat membendung irigasi layapan tersebut. Karena, khusus wilayah hilir kebutuhan pengerukan ini sangat mendesak, sebut saja dari Desa Pancakarya, Desa Pagadungan, Desa Tanjungjaya, Desa Sumberjaya dan Tempuran yang kewalahan pengaturan air akibat pendangkalan tersebut." Kalau sampai gak realisasi, sudah bendung saja irigasinya,"Ancamnya.#SR.
Posting Komentar