Karang Taruna dan BNNK Jalin Komitmen

0

KARAWANG, PEKA - Badan Narkotika Nasional Kabupaten(BNNK) Karawang melaksanakan komitmen bersama dengan Karangtaruna Kabupaten Karawang dalam menghadapi bahaya Narkoba dilingkungan masyarakat.

BNNK Karawang
Hal itu dilaksanakan  di hotel Swissbellin pada Rabu (1/3). Menurut Kepala BNNK Karawang,  AKBP Julian, organisasi lokal sebagai sumber daya potensial yang ada di hampir setiap desa atau kelurahan adalah Karang Taruna sebagai tempat atau wadah pembinaan generasi muda. Dengan melibatkan sekitar 30 perwakilan setiap Kecamatan di Kabupaten Karawang yang nantinya berperan dalam membangun sumber daya manusia 

"Khususnya generasi muda diwilayahnya sendiri dalam rangka ikut serta dalam menanggulangi permasalahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di masyarakat tingkat Kecamatan atau Kelurahan," katanya.

Ia menyampaikan strategi Pembangunan BNNK Karawang dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) yaitu dengan mendorong masyarakat menjadi imun narkotika, membantu korban penyalahgunaan agar pulih kembali, dan memberantas jaringan pengedar.

"Melalui strategi ini diharapkan mempu menekan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di masyarakat," katanya. 

Menurutnya, hal ini merupakan amanat Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dimana masyarakat memiliki hak dan tanggungjawab dalam upaya P4GN sebagai bentuk peranserta “Kami mengajak kepada generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna agar mampu menggali potensi yang ada guna membangun masyarakat sekitar sehingga kita terbebas dari masalah narkoba yang suatu saat dapat mengancam kita,” tuturnya.

Ia juga berharap dengan melalui kegiatan ini Karang Taruna menjadi pelopor, teladan dan agen pembaharu di Masyarakat, sehingga sinergitas kelompok pemuda ini dapat lebih berperan dalam upaya P4GN serta terciptanya lingkungan bersih narkoba.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Karawang, H. Oma Miharja juga menyampaikan, tujuan kegiatan ini sebagai pembinaan kepada masyarakat khususnya generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna, sehingga mampu meminimalisir peredaran dan penyalahgunaan Narkoba dimasyarakat. 

Ia menambahkan, sebagaimana diketahui bersama narkoba kini tengah membayang-bayangi generasi muda, sehingga melalui kemitraan dengan BNNK Karawang, kegiatan ini sebagai upaya membentengi generasi muda dari bahaya penyalahgunaan narkoba, peningkatan daya tangkal serta pencegahan dini bagi generasi muda.#oca-novi.
Posting Komentar