Pengawas KGL Ancam Polisikan Penunggak Piutang - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Selasa, 21 Maret 2017

Pengawas KGL Ancam Polisikan Penunggak Piutang


Karawang, PEKA - Upaya penagihan yang berulang kali nihil sampai membuat Koperasi Guru Lemahabang (KGL) memiliki piutang dari 61 anggotanya sampai Rp 1,08 Milyar, nampaknya sudah membuat kewalahan Badan Pengawas (BP). Sebab, koperasi yang berbadan hukum sejak 1995 itu, akan semakin berkurang jumlah modalnya seiring merosotnya jumlah anggota. Bahkan, menggelinding wacana mempolisikan kreditur yang masih saja ogah-ogahan mengembalikan hutang-hutangnya.

Rapat Anggota Tahunan
Ketua Badan Pengawas (BP) KGL Lemahabang, Iskandar S.pd mengatakan, daftar piutang ragu dalam buku Rapat Anggota Tahunan (RAT) KGL, merupakan daftaran piutang yang dibukukan KGL yang sampai saat ini tak pernah koperatif diperhatikan 61 anggotanya, sebab, piutang warisan anggota dan pengurus lama KGL ini, jumlahnya masih tertera Rp 1,08 Miliar. Sementara,  penagihan sudah sering dilakukan, bahkan melibatkan tim khusus yang terdiri dari BP, Anggota dan Pengurus KGL saat ini, namun ujung-ujungnya, kembali lagi ke hati nurani Kreditur soal piutangnya." Piutang yang masih belum masuk Rp 1,08 Miliar dari 61 Kreditur," Ungkapnya.

Dari angka sebesar itu sebut Iskandar, memang sebagian ada yang koperatif menyicilnya, namun ada juga yang masih sulit. Disatu sisi, harapnya agar persoalan ini bisa masuk ke ranah hukum saja, disisi lain, para anggota sendiri menolaknya dan lebih memilih asas toleransi."Walaupun KGL berbadan hukum tapi masih ada tolerasnsi, gimana kesadaran masing-masing," Ujarnya.

Walau demikian, mengantisipasi pembengkakan piutang, saat ini anggota yang hendak meminjam uang ke KGL dibatasi sesuai AD/ART untuk tidak lebih dari 3 kali jumlah simpanannya. Bahkan, setahun tidak mampu membayar, anggota langsung dihentikan dengan perincian mengandalkan simpanan yang sudah ada di koperasi. Karenanya sisa-sisa hutang akan tetapi terus ditagih oleh formasi BP yang baru setiap tahunnya, karena ini akan selalu memacetkan sirkulasi keuangan KGL yang sudah ada saat ini." Mengantisipasi banyak piutang lagi, ada aturan khusus yang sudah siap , tapi tetap yang lama akan ditagih piutang yang macet itu," Pungkasnya.#sr-nv.
Posting Komentar