Petani Keluhkan Harga Gabah Turun Bawah Harga Standar Pemeritah - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Jumat, 17 Maret 2017

Petani Keluhkan Harga Gabah Turun Bawah Harga Standar Pemeritah

KARAWANG, PEKA - Anjloknya harga gabah pada musim panen saat ini, petani menuding pihak bulog karawang terkesan diam, pasalnya pembeliaan gabah yang dilakukan bulog hingga saat ini belum pernah dirasakan oleh para petani, padahal harga gabah dilapangan saat ini harga terendah mencapai 2500 per kilogram.
Anjloknya harga gabah dikalangan petani yang saat ini terjadi, mencapai Rp2500 per kilogram, petani menuding pihak bulog mandul, dan menuding pemerintah kabupaten karawang terutama dinas terkait terkesan diam, padahal para petani membutuhkan modal yang cukup besar dalam bercocok tanam. Dengan harga gabah yang saat ini mencapai nilai terendah yaitu 2500 per kilogram, banyak petani yang mengalami kerugian.
Menurut salah seorang petani Desa Pasirkamuning, Kecamatan Telagasari, H. Karsum mengatakan, pembelian gabah yang dilakukan bulog saat ini belum pernah ia rasakan petani padahal harga gabah sedang mengalami penurunan tajam di bawah rat rata, dirinya juga menilai pemerintah terkesan diam disaat petani menjerit harga gabah anjlok. “Biaya operasional untuk 1 hektar sawah ia bisa menghabiskan kurang lebih Rp10 juta rupiah, baik untuk pembelian obat obatan hingga upah pekerja sawah,” katanya,kamis (16/3).
Menanggapi masalah itu salah seorang anggota DPRD Kabupaten Karawang Praksi Golkar, Ir. Tedi Lutfiana saat melakukan reses di Desa Pasirkamuning mengatakan, saat petani mengeluhkan anjloknya harga gabah seharusnya Bulog tanggap darurat untuk melakukan pembelian gabah langsung kepada para petani, dan pemerintah menetapkan 1 harga, sehingga disaat harga gabah anjlok, harga gabah dikalangan petani tetap stabil minimal sesuai dengan standar pemerintah.
“Memang untuk saat ini harga gabah berada dikisaran dibawah standar pemerintah. Saya sendiri sering menekankan kepada pihak bulog untuk melakukan tindakan darurat bagi petani dalam mengatasi permasalahn harga gabah ini, namun pihak bulog juga mengaku tidak bisa mebeli gabah dibawah standar kualitas gabah yang sudah dimiliki bulog,” katanya.#Dzr
Posting Komentar