PMI Gandeng IFRC, Zurich Bangun Gedung Pengungsian

0
KARAWANG, PEKA - Palang Merah Indonesia (PMI) Karawang bekerjasama dengan IFRC dan Zurich Insurance dari Swiss membangun gedung pengungsian di Desa Parungsari Kecamatan Telukjambe Barat. Hal itu merupakan program masyarakat tangguh banjir dan diharapkan bisa membantu masyarakat ketika terjadinya banjir sebagai tempat pengungsian.

PMI Karawang, IFRC dan Zurich Insurance
“Saat ini di Karawang ada 3 titik yang rawan, ini ada di 3 Desa, Parungsari, Purwadana, dan Tanjungpura. Karena tiga Desa ini pertemuan 2 sungai, yakni Cibeet dan Citarum maka gedung pengungsian ini diharapkan bisa membantu masyarakat ketika terjadi banjir,” ujarnya saat memberikan sambutan peresmian gedung pengungsi, Kamis (3/30) di kantor Desa Parungsari.


Dikatakan, pembangunan gedung pengungsi ini merupakan kerjasama antara PMI Karawang, IFRC dan Zurich Insurance dari Swiss. Program pembangunan masyarakat tangguh banjir ini merupakan upaya kesiapan bencana yang bertujuan meningkatkan ketahanan dan ketangguhan masyarakat.

Dijelaskan, pilot projek gedung pengungsi ini hasil dari assessment akan dibangun di Desa Parungsari. Pelaksanaan pembangunan gedung pengungsi ini menghabiskan dana Rp 750 juta yang anggarannya dari PMI, IFRC, Zurich Insurance dan Pemkab Karawang. “Kami berharap dengan adanya gedung ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar ketika terjadi bencana banjir,” katanya.


Ia menambahkan, untuk Desa Purwadana, membutuhkan pintu air dan akan segera dibangun. “Perlu diingat, sifatnya PMI kan hanya membantu sebagai mitra kerja pemerintah, jadi memang tidak bisa mengcover semuanya," katanya. 


Dikatakan juga, kegiatan yang diselenggarakan oleh PMI tidak hanya sekedar berkutat pada unit transfusi darah serta kegiatan donor darah saja. Melainkan lebih dari itu, dimana banyak kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh PMI, termasuk PMI Kabupaten Karawang. “Alhamdulillah di Karawang PMI selalu menjadi pihak yang pertama kali membantu bila terjadi bencana alam,"pungkasnya.#oca-nv.
Posting Komentar