Loading...

168 Peserta Ikuti Pemilihan Presenter Bahasa Sunda

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Minggu, April 09, 2017

KARAWANG, PEKA. - Dinas pariwisata dan Kebudayaan Karawang menggelar acara pemilihan Pasanggiri dan presenter TV Bahasa Sunda. Acara final digelar di atrium Mall Karawang Centro Plaza (KCP), Minggu, 9 April 2017. Acara tersebut menggandeng sejumlah pihak, diantaranya, Sanggabuana organizer,  TV Karawang dan Kedai Sanggabuana.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang, Okih  mengatakan, lomba presenter tv bahasa Sunda tahun 2017 ini diikuti oleh 168 peserta, dari tiga tingkatan usia, yakni SD, SMP dan SMA. Grand final Pasanggiri presenter TV bahasa Sunda ini digelar, Minggu 9 April 2017. Dijelaskan Okih, Pasanggiri presenter tv bahasa Sunda menjadi agenda rutin Disbudpar Karawang yang digelar setiap tahunnya. Diungkap Okih, Tahun 2016 lalu, Kabupaten Karawang keluar menjadi juara di tingkat provinsi Jawa Barat.

"Pemenang Pasanggiri presenter tv bahasa Sunda tahun 2016 lalu itu orang Karawang, tepatnya di Kecamatan Cikampek . Ini sekaligus menjadi pembuktian jika Bahasa Karawang tidak selalu diidentikkan dengan bahasa yang kasar, karena tercampur dengan bahasa Jawa dan Betawi . Tapi dengan sedikit polesan dan pelatihan, peserta dari Karawang mampu menjadi juara di mengalahkan peserta lain di berbagai daerah di tanah Pasundan ini," kata Okih. 

Ditambahkan Okih, Tujuan dari terselenggaranya Pasanggiri presenter tv bahasa Sunda, yang pertama yakni sesuai dengan tugas pokok Dan untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan lokal Karawang. Tujuan lainnya, kata Okih, dalam rangka melestarikan dan mengembangkan kegiatan rutin tahunan,  Pasanggiri presenter tv bahasa Sunda, dan tahun ini kita bekerjasama dengan salah satu tv lokal di Karawang. 

"Kita bekerjasama dengan TV lokal di Karawang, agar pemenang dari lima ini dapat menyajikan berita bahasa Sunda di tv lokal di Karawang. 
Mudah-mudahan tahun ini bisa membanggakan Karawang lagi, dengan menjadi juara di tingkat provinsi Jawa Barat," tandas Okih.#oca

Previous
« Prev Post

Related Posts

Minggu, April 09, 2017