Antisipasi Ledakan Penduduk Tim KB Desa Diminta Pro Aktif - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Kamis, 20 April 2017

Antisipasi Ledakan Penduduk Tim KB Desa Diminta Pro Aktif

Karawang, PEKA - Bidang Pengendalian Penduduk, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) melakukan sosialisasi kepada masyarakat di empat Kecamatan, pada Kamis (20/4).

Musyawarah
Sosialisasi itu dipusatkan di Kantor Kecamatan Rengasdengklok yang dihadiri puluhan peserta yang antusias. Sosialisasi ini untuk antisipasi ledakan penduduk di Karawang. Dinas meminta Tim KB Desa yang sudah dibentuk dapat pro aktif melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Kabid Dald DPPKB, Slamet Mulyana, mengatakan tujuannya sosialisasi ini adalah memberikan gambaran dampak ledakan penduduk di Kabupaten Karawang. “Maka harus ada peran serta semua desa untuk menyukseskan program KB yang di Desa sudah dibentuk Tim KB desa,” kata Slamet.

Ia menjelaskan, sesuai dengan Perbub Nomor 28 tahun 2016 bahwa di Desa harus menganggarkan 30 persen berbagi dengan kesehatan untuk membiayai program KB . “Ini dari Alokasi retribusi pajak bagi hasil dari Pemda Karawang,” ujarnya.

Slamet memberikan penjelasan seputar KB. Begitu juga dengan dampak ledakan penduduk yang tiap hari semakin padat. Pihaknya mencontohkan jalan semakin hari, semakin macet karena ledakan pertumbuhan penduduk kian cepat.

“Jika tidak dibatasi maka semakin meledak,” jelasnya. Belum lagi tingkat sampah. Pasalnya bayi yang baru lahir saja sudah menyampah. Diri sendiri sering membuang sampah. “Maka semakin menumpuk juga. Disini peran pengendalian penduduk dan KB yang terus menerus melakukan sosialisasi ke masayrakat,” tandasnya.#oca-nv.
Posting Komentar