Dua Rutilahu Roboh di Terjang Hujan Angin - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Rabu, 12 April 2017

Dua Rutilahu Roboh di Terjang Hujan Angin

KARAWANG, PEKA – Potret kemiskinan di Kabupaten Karawang ternyata masih belum bisa teratasi dengan baik, berbagai program diluncurkan ternyata masih belum mampu mengurangi beban mereka.

Seperti halnya keluarga kurang mampu warga Desa Pulomulya, Kecamatan Lemahabang, Suleman, terpaksa hidup dalam kehawatiran pasalnya pada rabu (12/4) pukul 1.00 Wib dini hari tadi, rumahnya ambruk akibat tiang penyanggahnya sudah lapuk dan tidak kuat menopang banguanan rumahnya.

“Saat kejadian saya dan keluarga sedang berada didalam rumah, awalnya terdengar kaca pecah dan akhirnya sebagian bangunan rumah ambruk. Namun beruntung tidak ada yang jadi korban,” Ulasnya, kepada PEKA.

Pria yang hanya sebagai buruh tani ini, terpaksa menempati rumahnya kembali yang sudah masuk kategori rumah tidak layak huni (Rutilahu), bahkan suatu saat bias kembali ambruk dan menimpa dirinya serta beberapa keluarganya yang menempati rumah tersebut.

”Terpaksa saya perbaiki kembali pak dengan bahan seadanya menggunakan batang pohon sebagai penunjang atap. Dan dinding menggunakan potongan bilik puing puing rumah,” terangnya.

Dirinya mengakui sangat hawatir rumahnya itu akan kembali ambruk, karena hanya diperbaiki sedanya saja. Apalagi, terang dia, yang tinggal dirumahnya itu sebanyak lima orang termasuk balita.

“Bantuan dari kepala desa sudah ada yaitu berupa kayu-kayu dan sebagainya. Namun itu tidak akan bertahan lama. Ketika hujan disertai angin tiba saya sangat takut. Sudah berkali di cek oleh pemerintah terkait namun tidak kunjung dapat rutilahu,” katanya.

Sementara itu kepala Desa Pulomulya, Kecamatan Lemahabang, Odang Akrab mengatakan, rumah yang tidak layak huni didesanya sebanyak dua rumah yang sudah ambruk dalam satu malam. Dan dirinya sudah melaporkan kepada Kecamatan dan dinas terkait.

“Semua rumah yang tidak layak huni padahal sudah saya ajukan untuk mendapatkan Rutilahu, namun malah tidak mendapatkan malah beberapa rumah yang masih utuh mendapatkan program itu. Saya sangat berharap dinas terkait bias memberikan bantuan secepatnya,”ujar Kades.#Dzr
Posting Komentar