Gerakan Koperasi Karawang Membentuk Tomikomart - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

pasang

Kamis, 13 April 2017

Gerakan Koperasi Karawang Membentuk Tomikomart

KARAWANG, PEKA - Gerakan koperasi yang diprakarsai oleh Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Karawang membuat minimarket bernama Tomikomart (Toko milik koperasi), minimarket yang dibentuk oleh koperasi ini merupakan terobosan terbaru perkoperasian di Jawa Barat, bahkan di Indonesia.
Mentri Koperasi Puspayoga, Deputi Bidang Pengembangan SDM, Prakoso,
Deputi Bidang Pemasaran I Wayan Dipta, Duta Koperasi Dedi Gumelar (Miing),
Dirut PT TMI, Ihin Solihin dan Dekopinda Karawang.

Dijelaskan Ketua Dekopinda Karawang, H. Warman SE, Rabu (12/4/2017), Tomikomart terbentuk oleh 35 koperasi yang tergabung dalam konsorsium, kemudian konsorsium itu membentuk perusahaan bernama PT Tomiko Mandiri Indonesia (TMI). Gerakan koperasi tersebut diantaranya Koperasi Karyawan (Kopkar) perusahaan yang ada di kawasan industri, koperasi kelompok tani, Koperasi Unit Desa (KUD), termasuk Koperasi Persatuan Guru Republik Indonesia (KPRI).

Pembentukan Tomikomart ini berdasarkan arahan langsung dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, pada saat kepengurusan konsorsium bersama Dekopinda Karawang berkunjung ke kantor menteri, Desember 2016 lalu.

Sementara ini, konsorsium tersebut sudah membentuk PT TMI, pemegang saham dari PT TMI itu sementara dari 35 koperasi. Tomikomart ini akan masuk dalam satu jaringan online, masyarakat umum pun bisa belanja di Tomikomart, bahkan anggota koperasi lain pun bebas belanja di Tomikomart mana pun dengan kartu keanggotaan koperasi yang mereka miliki.

"Kami yakin, ini akan lebih meningkat investasi di Karawang, pada tahun 2020 mendatang Karawang punya peluang menjadi kota koperasi di Jawa Barat," ucapnya.

Kata Warman, setelah peresmian Tomikomart pertama yang kerjasaman dengan PT GS Battery pada 1 April 2017 di pertokoan Centraland, Telukjambe, Karawang, kemudian pada 6 April 2017 direksi beserta komisaris PT TMI kembali berkunjung ke kantor menteri, kemudian memaparkan tentang peresmian Tomikomart ini kepada menteri. Diakui Warman, menteri sangat antusias dengan upaya Dekopinda Karawang yang telah membentuk wadah usaha Tomikomart.

Bersama menteri, direksi beserta komisaris PT TMI dan Dekopinda Karawang, juga didampingi Deputi Bidang Pengembangan SDM, Prakoso, kemudian Deputi Bidang Pemasaran, I Wayan Dipta dan Duta Koperasi, Dedi Gumelar (Miing), juga Dirut PT TMI, Ihin Solihin. 

PT TMI, kata Warman, diberi kewenangan oleh menteri untuk menjadi lembaga sertifikasi dalam pembentukan dan sistem management Tomiko di seluruh Indonesia, ini akan dimulai pada 7 Mei 2017 pada acara kementerian di Provinsi Bali. Selanjutnya, untuk peresmian Tomikomart pertama yang kerjasama dengan PT GS Battery akan dilakukan oleh menteri koperasi pada 13 Mei 2017.

"Ini merupakan contoh di Indonesia, mereka akan memfasilitasi ini dan menularkan ke seluruh Indonesia. Saya juga apresiasi kepada menteri yang respect terhadap koperasi di Karawang, Dekopinda akan terus melakukan terobosan baru untuk meningkatkan eksistensi perkoperasian di Karawang," ucap Warman.#oca
Posting Komentar