Pemkab Karawang Launching LPSE - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Selasa, 04 April 2017

Pemkab Karawang Launching LPSE

KARAWANG, PEKA - Upaya berbenah diri terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Karawang, kali ini pembenahan pelayanan dilakukan dengan memanfaaatkan sistem jaringan guna meningkatkan akuntabilitas, efisiensi, efektifitas dan transparansi pada proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pembenahan tersebut dilakukan dengan menggelar Launching System Provider Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) di Hotel Brits, Selasa, (4/4). 

Launching System Provider
Dimana selain menggelar launching, juga dirangkaikan dengan sosialiasi LPSE yang diikuti oleh seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para kepala SKPD serta pihak rekanan/kontraktor.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Karawang H.Toto Suripto, Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana, Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamaksyari, Kepala Diskominfo, H.Yasin Nasrudin serta para perwakilan Perangkat Daerah (PD) Kabupaten Karawang.

Launching LPSE tersebut dibuka oleh Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, ditandai dengan penyerahan (Service Level Agreement) atau kesepakatan tingkat layanan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) kepada LPSE Kabupaten Karawang dengan didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Toto Suripto, Direktur Pengembangan SPSE LKPP Republik Indonesia, Patria Susantosa, dan Kepala Balai LPSE Propinsi Jawa Barat, DR. Ika Mardiah. Dilanjutkan dengan pemukulan Gong oleh Bupati Karawang sebagai tanda LPSE Kabupaten Karawang resmi dibuka.

Dalam sambutannnya, Bupati Karawang mengatakan peresmian LPSE ini merupakan bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Karawang dimana pengadaan barang/jasa dilakukan lebih terbuka, terjangkau, kompetitif, efisiensi, lebih transparan. Selain itu, juga mencipatakan persaingan usaha yang sehat, dan menyediakan informasi yang benar bagi masyarakat.

Kelebihan lainnya, sistem LPSE atau e-Procurement bisa menghindari praktik KKN sehingga lebih menjamin tersedianya informasi, kesempatan dan peluang usaha di bidang pengadaan barang dan jasa pemerintahan secara adil dan merata.

“Saya harap agar pelaksanaan LPSE ini mendapat dukungan penuh dari semua pihak baik Perangkat Daerah (PD) maupun instansi vertikal dan stakeholder lainnya. Khusus bagi pihak rekanan selalu menjadi mitra pemerintah," ulasnya.

Sementara itu, Patria Susantosa dalam Launching System Provider LPSE ini berharap setelah System Provider LPSE ini dibuka dalam arti pengadaannya harus dapat berjalan cepat, karena hari ini problematika pengadaan yang paling utama adalah lambatnya proses pelaksanaan pengadaan. Inilah alasannya kenapa pengadaan ini harus dipercepat, karena kita tidak akan bisa melayani masyarakat jika pengadaan barang dan jasa berjalan lambat, karena ujung tombak layanan ini adalah pengadaan," katanya.

Pada kesempatan tersebut Patria juga mengatakan, melalui program LPSE ini, semua rekanan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemenang tender, pasalnya, dalam LPSE semua pengadaan akan ditampilkan sehingga semua rekanan dapat mengaksesnya.

Selanjutnya, pengadaan barang/jasa melalui LPSE ini tidak hanya akan diketahui oleh rekanan lokal akan tetapi rekanan dari daerah lainnya. Mereka juga berkesempatan untuk mengajukan penawaran sehingga pengadaan barang dan jasa bisa berjalan dengan energik.#oca-nv.

Posting Komentar