KARAWANG, PEKA - Sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Karawang kembali menyelenggarakan kegiatan optimalisasi Pelayanan Administrasi Publik Terpadu Kabupaten Keliling (PATEN) di tiap-tiap Kecamatan se-Kabupaten Karawang, yang dilaksanakan pada setiap hari Jumat di minggu kedua dan empat.


Penyelenggaraan Kegiatan PATEN
Kegiatan PATEN sendiri merupakan implementasi dari Surat Mendagri Nomor 503/506/SJ, tanggal 28 Januari 2015 Perihal Optimalisasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Daerah, yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan publik yang mudah bagi masyarakat hingga ke tingkat kecamatan.

Hari ini Jumat, (31/3) bertempat di Kecamatan Kota Baru, Karawang, kegiatan PATEN kembali digelar setelah launching PATEN pertama di Kecamatan Tempuran. 

Ada sedikit berbeda dengan kegiatan PATEN kali ini, dimana warga masyarakat Kecamatan Kota Baru akan di hibur dengan kesenian Gelar Budaya "Dangiang Subang Larang".

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana meninjau beberapa stand yang digelar oleh 8 desa yang ada di Kecamatan Kota Baru, stand Usaha Menengah Kecil Mandiri (UMKM) pembuatan keset, stand PT. Lembaga Keuangan Mikro (LKM), stand Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil), stand Dinas Kesehatan yang mengusung tema Hari Tubercolosis (TB) sedunia "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tanpa TB", yang penyelenggaraannya dipusatkan di lapangan kantor Kecamatan Kota Baru.

Dalam sambutannya Camat Kota Baru, Drs. Dedi Setiadi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Bupati Karawang yang telah berkenan hadir dalam giat PATEN di Kecamatan Kota Baru dan menurutnya hal ini sebagai bukti betapa cintanya Bupati Karawang terhadap warga masyarakat Kecamatan Kota Baru.

"Kami memohon maaf apabila kegiatan PATEN ini belum memuaskan, karena baru 3 bulan menjabat sebagai camat dan tanpa bantuan kepala desa beserta para staf kecamatan yang lain, kegiatan ini mungkin tidak akan terselenggara dengan baik,"ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini adalah sebuah upaya Pemerintah Kabupaten Karawang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik sekaligus mendekatkan berbagai layanan publik kepada masyarakat di tingkat kecamatan.

“Mudah mudahan hal ini benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan saya ucapkan banyak terima kasih atas silaturahmi dan kebersamaannya serta untuk turut ikut menyukseskan kegiatan PATEN ini, karena pertisipasi aktif dari masyarakat kota baru sangat kami butuhkan demi kesuksesan acara ini,"pungkasnya.

Pada kegiatan PATEN ini Bupati Karawang menyerahkan secara simbolis Alokasi Dana Desa (ADD) kepada 8 Kepala Desa yang ada di Kecamatan Kota Baru yaitu:
Desa Jomin Barat Rp. 1. 486. 651. 000
Desa Pucung Rp. 1. 660. 251.000
Desa Sari Mulya Rp. 1. 512. 541.000
Desa Pangulah Baru Rp. 1. 296. 363. 000
Desa Jomin Timur Rp. 1. 344. 795. 000
Desa Cikampek Utara Rp. 1. 776. 527.000
Desa Wanci Mekar Rp. 1. 604. 024.000
Desa Pangulah Selatan Rp. 1. 648.468.000
Selain penyerahan ADD, Bupati Karawang juga berkenan menyerahkan bantuan sebuah traktor bagi kelompok tani Marga Luyu 4 Desa Pucung, serta pemberian penghargaan kepada akseptor lestari berupa piagam dan tanaman mangga, serta pemberian kartu BPJS Kesehatan yang diawali dengan penandatanganan kerja sama antara Pemkab Karawang dengan BPJS Kesehatan tentang kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional yang didaftarkan oleh Pemkab Karawang.#oca-nv.