Iklan
Loading...

Puskesmas Harus Proaktif Dekati Keluarga

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Sabtu, April 22


KARAWANG-PEKA-.Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta jajaran Puskemas untuk lebih aktif melakukan pendekatan kepada keluarga di sekitar lokasi dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas.

"Kementerian Kesehatan telah meluncurkan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) guna mendukung gerakan masyarakat hidup sehat. Oleh sebab itu Puskesmas jangan diam saja, harus proaktif," kata dia.

Ia menjelaskan pendekatan Keluarga bukan program baru, melainkan upaya Puskesmas meningkatkan jangkauan sasaran dan meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan dengan mendatangi keluarga. 

Nila memaparkan pendekatan Keluarga merupakan upaya mendukung pencapaian Standar Pelayanan Minimal kabupaten dan kota serta mendukung pelaksanaan jaminan kesehatan nasional agar Program Indonesia Sehat tercapai.

Pendekatan keluarga dilaksanakan oleh Puskesmas dengan mengutamakan upaya promotif dan preventif, disertai penguatan upaya kesehatan berbasis masyarakat, kata dia.

Ia mengatakan kunjungan rumah dilakukan Puskesmas secara aktif untuk peningkatan jangkauan cakupan serta pendekatan siklus kehidupan.

Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga secara bertahap akan dilaksanakan secara nasional dengan target 2.926 puskesmas prioritas, katanya. 

Ia menambahkan apabila Puskesmas memiliki satu dokter spesialis, maka penumpukan di RS bisa dikurangi dan pelayanan kepada pasien bisa lebih cepat.#RS.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Sabtu, April 22, 2017

0 komentar: