Iklan
Loading...

Ujian Kesetaraan Rampung Digelar

TERBITKAN PELITA KARAWANG on Senin, April 24


Karawang, PEKA - Sebanyak 938 siswa dari 12 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), ikuti Ujian Nasioal (UN) serentak yang diselenggarakan forum PKBM di Kecamatan Lemahabang Sabtu-Minggu 22 - 23/4 kemarin. Selain di SMKN 1 karawang, ujian bagi warga belajar mendapati ijazah paket tersebut, juga diselenggarakan di SMPN 1 Lemahabang dan beberapa SD terdekat.

Ujian Paket C
Ketua Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) Paket C, Ujang Rohman S.pd.I mengatakan, pihaknya selenggarakan UN paket di 2 pekan terakhir, yaitu Sabtu-minggu 15-16 April dan Sabtu-Minggu 22 - 23 april ini. Jumlah peserta UN Paket yang dipusatkan di SMPN 1 Lemahabang, SDN Lemahabang 3 dan SDN Lemahabang 4 ini berjalan lancar. 

Disamping, 8 PKBM diantaranya juga ikuti UN dengan berbasis komputer, sementara khusus di Lemahabang ini para peserta datang dari 12 PKBM , baik dari Lemahabang juga ada dari Kecamatan Tempuran, Cilamaya kulon,  Cikampek, Tirtamulya, Jatisari, kotabaru dan Banyusari." 12 PKBM ikut serta dalam Ujian paket ini, kebetulan Lemahabang jadi tuan rumah yang dikomandoi langsung forum PKBM," Ujarnya.

Lebih jauh Pengelola PKBM Al Muhajirin Lemahabang ini menambahkan, mata pelajaran yang di ujikan, sama dengan sekolah formal pada umumnya. dan diakhir pekan kemarin, yaitu Bahasa Inggris, Ekonomi dan Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn). Adapun pengawasan sendiri, sambungnya, satu dari PKBM dan yang satunya dari pendidikan formal selama Ujian berlangsung, karena setiap pergantian mata pelajaran yang sudah selesai, soal-soal UN langsung dibawa kembali ke Pemprov Jabar. 

Diharapkan, hasilya bisa selancar pelaksanaanya, karena ijazah paket ini bukan saja untuk para peserta yag sebelumnya drop Out (DO), tapi jauh dari hal itu, ada hal yang lebih penting untuk keperluan individu para peserta UN ini, baik untuk pekerjaan di perusahaan, birokrasi maupun syarat lainnya." Di pilihnya Lemahabang sebagai tuan rumah, karena kepentingan jarak yang dekat dan strategis, semoga hasilnya sebaik pelaksanaannya," Harapnya.

Sementara itu, Penilik UPTD Pendidikan Kecamatan Lemahabang, Andang Hermawan mengatakan, biasanya UN Paket C ini diseleggarakan langsung oleh Dinas Pendidikan, namun ditahun ini, pelaksanaan langsung di komandoi forum PKBM, bahkan biasanya UN digelar disiang hari setiap akhir pekan, saat ini dijadwal di pagi hari. Bahkan, perbedaannya tahun ini, Ijazah pserta Paket C ini, nanti ditandatangani langsung pengelola PKBM masing-masing, tidak lagi oleh Dinas. 

Dirinya sebut Andang, apresiasi karena ditunjuk Bidang PNFI menjadi tuan rumah penyelenggaraan UN paket, selain di SMKN 1 Karawang. Ia berharap, dengan semakin banyaknya peserta, semakin membuktikan kepada masyarakat bahwa keberadaan ijazah itu penting, walaupun paket C atau setara SMK/SMA sekalipun, karena haknya sama saja dengan sekolah formal pada umumnya. Sebab, sama berlaku untuk keperluan kerja, syarat administrasi dan lainnya." Kita dipercaya jadi tuan rumah, ya alhamdulillah kita tidak sia-siakan," ungkapnya.#sr-nv.

Previous
« Prev Post

Related Posts

Senin, April 24, 2017

0 komentar: