Urus Layanan Berdesakan Demi Paten

0

KARAWANG, PEKA - Gratis dan akses dekat, tak selamanya membikin masyarakat nyaman mendapati pelayanan. Buktinya, hanya demi daftarkan akte kelahiran anak dan administrasi kependudukan, masyarakat Cilamaya Wetan rela antri dan berdesakan untuk mendapati keterangan kelengkapan berkas dari desa dan Kecamatan. Itu nampak pada pelayanan Paten Jumat 7/4 kemarin, ribuan warga pendaftar Akte, KK , STNK dan Kartu Kuning. Sementara layanan lainnya seperti BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, vaksin hewan gratis, pelayanan kesehatan dan lainnya nampak sepi lancar.

Wakil Bupati Karawang
Salah seorang warga pendaftar Akte, Casmini (35) mengatakan, dirinya datang ke kantor kecamatan karena ingin anak keduanya memiliki akte kelahiran yang usianya baru 3 tahun, karena khawatir menjadi syarat saat masuk Paud dan sekolah nanti. Dirinya sangat senang, sebab layanan ini aksesnya dekat dan gratis, namun walau gratis, dirinya harus rela antri, karena harus daftar dan tandatangan Kades dulu." Abong-abong gratis, antrinya kepanasan juga lama kang," celetuknya.

Senada diungkapkan warga lainnya, Dadang (43), warga asal Desa Cikarang ini sibuk antri untuk mendapat giliran mendapati KK. Sebab, semua ruangan kantor Kecamatan ditutup lantaran didalam juga ratusan orang antri. Tak mau kehabisan akal, petugas juga membuka kaca-kaca jendela di dua arah untuk mengurusi segala sesuatunya. Dirinya antusias karena Gratis dan dekat, walaupun antri berlama-lama, tapi tak sejenuh dikantor pada umumnya, sebab banyak layanan dan hiburan." Kantor dibatasi ruangannya karena banyak orang, jendela juga sampai dibuka," pungkasnya.

Camat Cilamaya Wetan, Drs H Hamdani mengatakan, 2 minggu terakhir dirinya siapkan pagelaran Paten ini semaksimal mungkin, mulai pembangunan Rutilahu dan persiapan pelayanannya. Ia mengaku sudah tandatangan lebih dari 300 kali register pendaftar KK dan Akte, namun karena dibatasi jumlah yang dicetak di Paten ini, sisanya ia yakinkan akan diurus langsung dan diberikan berkasnya ke Kantor Disdukcatpil, sehingga tak kurang dari sebulan, Akte dan KK sudah bisa di cetak. 

Dirinya juga menghaturkan terimakasih kepada para Kades dan masyarakat yang sudah maksimal mensosialisasikannya, semoga dengan mendapati administrasi kependudukan ini, bisa mempermudah syarat kebutuhan keluarga dimasa-masa mendatang." Saya sudah tandatangani lebih dari 300 pemohon KK dan Akte selama 2 Minggu terakhir, antusiasnya saya apresiasi dan mohon bisa bersabar." Ungkapnya.#sr-nv.
Posting Komentar