Ansor Latih Ratusan Kader Wirausaha - PELITA KARAWANG

Breaking

Post Top Ad

Selasa, 30 Mei 2017

Ansor Latih Ratusan Kader Wirausaha

KARAWANG - PEKA - Sebanyak 120 Kader muda Gerakan Pemuda Anshor (GP Ansor) dari Kecamatan Cilamaya Wetan, Cilamaya Kulon dan Banyusari, diberdayakan wirausaha olahan ikan di Gabungan Kelompok Perikanan (Gapokan) Subur Jaya Dusun Kecemek Desa Bayurkidul. Selasa 30/6 kemarin.

GP Ansor Latih Ratusan Kader Wirausaha
Program mencetak wirausahawan muda dari Balai Besar Peningkatan Produktifitas (BBPP) Kementrian Tenaga Kerja (Kemenaker) tersebut, diserap detail tata cara pengolahan, pengemasan dan pemasarannya oleh para Kader dari Badan Otonom (Banom) NU tersebut.

Ketua GP Ansor Karawang, Ade Permana SH mengatakan, para kader Ansor dilatih skillnya untuk mendalami kiat-kiat sukses wirausaha yang potensial di Karawang. Pemberdayaan ini, merupakan kerjasama BBPP Kemenaker dengan PP GP Anshor untuk mengakselerasikan produktifitas kaum muda NU dalam wirausaha mandiri. Selain usaha Jamur merang, sebanyak 120 kader muda Anshor ini juga diberdayakan selama 3 hari tentang pengolahan ikan yang sukses digarap Gapokkan Suburjaya Ini. Karena, dengan potensi perikanan yang melimpah di Karawang, olahan ikan bisa menjadi peluang usaha dimasa mendatang yang menjanjikan. Betapa tidak sebut Ade, Ikan di Gapokan Suburjaya ini disulap bukan saja menjadi Pindang lunak duri, tetapi juga jadi Crispy, Abon bandeng, Bandeng Pressto, keripik hingga kaldu, bahkan para kader juga menyelami cara membuat pindang tanpa duri.

"120 Kader Ansor ini kita berdayakan maksimal di wirausaha yang menjadi peluang UKM menjanjikan dimasa mendatang," Ungkapnya.
Ade menambahkan, lewat wirausaha setidaknya tindak lanjut kedepan bagaimana menguatakan ekonomi kreatif dikalangan pemuda. Ini sebut Ade, seyogyanya bisa didorong oleh Pemkab, sebab rata-rata UKM di Karawang termasuk olahan ikan sekalipun lebih banyak datang langsung dari Kementrian dan Swasta. Padahal sambungnya, jika ada dorongan kuat dari sisi pemberdayaan, permodalan hingga fasilitas pemasaran yang mendukung, Ikon Karawang ini akan semakin tersohor kreatifitasnya. Sebab, hal percuma jika punya keahlian tapi tidak ada modal, begitupun sebaliknya. Karena itu, dengan memberdayakan kaum muda ansor dalam wirausaha ini  setidaknya menggugah minat enterpreneur dan disisir kompetensi keahliannya untuk ditindaklanjuti pemberdayaannya.

"Ikan Pindang ini kan Ikon Karawang sebenarnya, namun kebanyakan bantuan datang lebih banyak dari Kementrian dan Swasta, seharusnya juga Pemkab mendorongnya," Ungkapnya.#rs-fr.
Posting Komentar